Dr Danar Wicaksono: Mudahnya Belajar Kesehatan Kulit Sekarang!

Siska Permata Sari · Rabu, 10 Agustus 2022 - 11:43:00 WIB
Dr Danar Wicaksono: Mudahnya Belajar Kesehatan Kulit Sekarang!
Dr Danar Wicaksono (Foto: BuddyKu)

JAKARTA, iNews.id - Di era digital seperti sekarang, sudah banyak content creator bermunculan di media sosial. Mereka datang dengan berbagai latar belakang untuk membagikan informasi dan mengedukasi para penonton tentang pekerjaan mereka.

Salah satunya, ada Dr Danar Wicaksono, yang tidak sengaja menjadikan akun pribadinya sebagai rumah informasi bagi para pencinta kesehatan kulit. Dia merupakan seorang dermatolog atau dokter kulit dan juga seorang content creator. 

Awalnya, dia sendiri tidak pernah berencana untuk menjadi content creator. Namun, dr Danar berhasil mendapatkan banyak pengikut karena membagikan informasi tentang kesehatan kulit.

"Sebenarnya ini kayak kecelakaan yang berbuah manis. Instagram aku itu ya biasalah dipakai untuk dokumentasi pribadi aja, tapi somehow akhirnya tambah banyak, terus aku pikir kenapa enggak dimanfaatkan untuk sesuatu yang positif," kata Dr Danar.

Dorongan utama Dr Danar untuk menggunakan media sosial adalah agar dia bisa mengedukasi orang mengenai topik-topik kesehatan kulit secara massal dan cepat. "Aku turut prihatin sama teman-teman yang menjadi korban dari ketidaktahuan pemakaian cream-cream yang tidak aman. Habis itu kalau aku harus kasih tahu satu per satu ke setiap orang kan repot ya, karena itu aku menggunakan platform  TikTok dan di Instagram ini untuk mengedukasi orang-orang agar cakupannya lebih banyak dan lebih efisien," jelas dia.

Dr Danar mengatakan, dirinya sangat menikmati waktubsebagai seorang dokter sekaligus content creator. Namun, di sisi lain, misinformasi adalah salah satu tantangan terbesar yang dia harus hadapi.

Sebab itu, dr Danar seringkali harus turun tangan dalam meluruskan informasi jika ada hoax yang tersebar mengenai kesehatan kulit. "Kalau aku akhirnya merespon, itu sebenarnya adalah salah satu tugas aku sebagai dokter. Jadi, sebagai dokter, kita harus melakukan tindakan preventif untuk mencegah terjadinya penyakit-penyakit yang tidak kita inginkan. Jadi, itu adalah salah satu kewajiban juga sebagai dokter," katanya.

"Aku sih lebih suka penyampaiannya kalau kita berdebat secara ilmiah, sumbernya dari mana. Kalau aku pribadi aku bersumber pada textbook kesehatan dan jurnal-jurnal kesehatan terbaru. Jadi, kalau misalnya nanti ada berdebat, ayo kita berdebat secara sehat, dengan sumber-sumber yang kita bisa pertanggungjawabkan secara ilmiah," ujar dr Danar.

Dr Danar Wicaksono merupakan satu dari sekian banyak Superbuddies yang telah diwawancarai BuddyKu. Bila kalian penasaran dengan cerita lain dari dr Danar Wicaksono, segera download BuddyKu di App Store dan Play Store. 

Anda juga bisa mendapatkan akses ribuan berita gratis setiap hari dan rewards untuk Anda yang membuat content di BuddyKu. Tunggu apalagi, yuk download BuddyKu, gratis!

Editor : Elvira Anna

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda