Hal-Hal Ini Bisa Cegah Pasutri dari Infeksi Kuman Penyakit usai Bercinta

Okezone ยท Selasa, 24 Maret 2020 - 21:41 WIB
Hal-Hal Ini Bisa Cegah Pasutri dari Infeksi Kuman Penyakit usai Bercinta

Momen bercinta dengan pasangan. (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id – Bercinta menjadi momen menyenangkan bagi pasangan suami-istri (pasutri). Namun, mereka juga harus memperhatikan kebersihan tubuh usai menjalani aktivitas seksual.

Hal ini dipercaya dapat mencegah penularan infeksi dan penyakit yang dapat mengganggu kesehatan di kemudian hari. Merangkum dari Asia One, berikut tujuh hal yang perlu Anda lakukan usai bercinta agar terhindar dari infeksi kuman penyakit.

1. Cek kembali kualitas kondom

Jika pasangan Anda menggunakan kondom, periksa apakah ada kebocoran atau pecah pada kondom. Pastikan pula untuk membuang kondom bekas pakai dengan benar. Masukkan dalam plastik atau bungkus dengan tisu agar tidak tercecer.

2. Memantau keputihan

Jika setelah berhubungan intim, dari area Miss V keluar cairan berwarna putih kehijauan atau kemerahan bukan putih bening, maka wajib waspada. Keputihan yang berwarna aneh bisa menjadi tanda infeksi atau perdarahan.

Jadi para wanita pastikan untuk memeriksa hal tersebut setelah momen bercinta dan memantau keputihan setelahnya.

3. Buang air kecil, segera!

Cara untuk mencegah terjadinya infeksi saluran kemih dengan buang air kecil segera setelah bercinta. Saat berhubungan, kadang-kadang bakteri dari daerah anal dapat berakhir di dekat daerah alat kelamin dan saluran kemih. Buang air kecil dapat mencegah bakteri menyebar dan mencapai kandung kemih.

4. Membersihkan alat kelamin

Membersihkan area luar alat kelamin wanita dengan tisu basah khusus pembersih area sensitif, sangat diperlukan usai bercinta. Ingat, cara membersihkannya dari depan ke belakang agar terhindar dari infeksi.

5. Minum banyak air putih

Setelah bercinta, sangat disarankan agar Anda dan pasangan segera buang air kecil. Minum air putih setelah bercinta dapat membantu Anda untuk buang air kecil.

Selain itu, kebiasaan ini akan membantu tubuh Anda membersihkan lebih banyak bakteri dan mencegah terjadinya infeksi. Ini juga ide yang baik untuk menghidrasi diri sendiri setelah energi Anda terkuras melakukan acara bercinta penuh semangat.

6. Mencuci tangan dengan sabun

Jika telah menyentuh alat kelamin diri sendiri atau pasangan saat berhubungan, Anda harus mencuci tangan dengan sabun dan air untuk menghilangkan bakteri yang mungkin telah menempel.

7. Membersihkan alat bantu bercinta

Alat bantu bercinta dapat menyebarkan infeksi dan penyakit menular seksual jika tidak dibersihkan dengan benar. Periksa kemasan untuk instruksi pembersihan karena berbagai jenis alat bantu bercinta memerlukan metode pembersihan khusus.

Jika Anda telah membuang kotak instruksi, maka cara praktis yang baik untuk dilakukan adalah menggunakan sabun antibakteri cair dan air panas untuk membersihkan alat bantu. Demikian dikutip dari Okezone, Selasa (24/3/2020).


Editor : Tuty Ocktaviany