Hati-Hati Ini Dampak Buruk Anak Kecanduan Gawai, Bisa Obesitas hingga Malanutrisi

Elvira Anna ยท Senin, 27 Juni 2022 - 09:35:00 WIB
Hati-Hati Ini Dampak Buruk Anak Kecanduan Gawai, Bisa Obesitas hingga Malanutrisi
Ilustrasi anak kecanduan gawai. (Foto istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Tak bisa diingkari kalau teknologi sangat membantu kehidupan manusia. Gawai dan internet sudah jadi kebutuhan dalam aktivitas keseharian kita, termasuk anak-anak.

Namun, penggunaan gawai dan internet berlebih bisa menimbulkan kecanduan yang berdampak buruk pada kesehatan. Bahkan, tanpa disadari, orang tua pun memfasilitasi anak-anak mereka dengan gawai dan aksesorinya dengan alasan agar tidak tertinggal di era teknologi digital masa kini.

Padahal kecanduan internet dan gawai pada anak-anak bisa berdampak buruk. Untuk itu orang tua harus bisa menyikapinya secara bijak. Orang tua perlu mulai curiga anaknya kecanduan internet, jika sang anak kehilangan kontrol dan merasa mau berhenti tetapi tidak bisa.

Biasanya ciri-ciri anak mulai kecanduan bisa terlihat dari beberapa hal. Semisal durasi bermain gim dan media sosial meningkat, bermain internet hingga dini hari, dan saat jadwal sekolah justru tidur. Ketika anak lebih memprioritaskan bermain gim atau internet hingga enggan beranjak dari kamar, orang tua perlu waspada.

Kecanduan gawai juga terlihat dari perubahan fisik. Anak bisa mengalami obesitas karena terus duduk atau mengalami malanutrisi akibat mengonsumsi banyak makanan instan, bahkan ada yang lupa makan. Tak sedikit pula ditemukan kasus  kecanduan gawai, hingga anak mesti dirawat di rumah sakit jiwa

Pada satu sisi, perkembangan teknologi digital menawarkan kesempatan untuk meningkatkan wawasan, meningkatkan keterampilan, bersosialisasi, dan belajar. Namun, di sisi lain, para pengguna media digital tidak langsung otomatis "melek digital". Kemampuan dalam menemukan, mengelola, dan mengevaluasi informasi, serta pemahaman potensi bahaya dunia digital seperti kontak dengan orang yang tidak dikenal, paparan kekerasan, atau konten pornografi, perlu diatasi supaya tidak diperalat oleh media digital.

Editor : Elvira Anna

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda