Hidup Berdampingan, Manusia dan Hewan Bisa Saling Tularkan Penyakit

Novie Fauziah ยท Rabu, 07 September 2022 - 19:33:00 WIB
Hidup Berdampingan, Manusia dan Hewan Bisa Saling Tularkan Penyakit
Podcast Aksi Nyata membahas tentang kesehatan hewan. (Foto: YouTube Partai Perindo)

JAKARTA, iNews.id - Belakangan ini, marak penyakit atau virus yang muncul  dari hewan. Mulai dari flu burung, penyakit mulut dan kuku (PMK), Covid-19 hingga cacar monyet yang menjadi sorotan publik.

Hal ini pun turut dibahas dalam Podcast Aksi Nyata. Kali ini, narasumbernya adalah Dokter Hewan, drh Ana Neli Rahma. Dia mengatakan, pada dasarnya setiap makhluk memang hidup berdampingan, seperti halnya manusia dan hewan.

"Kita hidup di dunia berdampingan, ada keseimbangan ekosistem. Balik lagi, manusia butuh hewan, hewan butuh manusia itulah mengapa kita ditugaskan untuk saling menjaga," katanya dalam Podcast Aksi Nyata seperti dikutip pada YouTube Partai Perindo, Rabu (7/9/2022).

Dia menjelaskan, baik manusia maupun hewan dapat saling menukarkan penyakit. Walau proses penularannya tidak sesederhana antar manusia maupun antar hewan.

"Tidak hanya hewan yang menularkan penyakit ke manusia, manusia juga bisa menularkan penyakit ke hewan," ujar dia.

Sebab itu, penting menjaga kesehatan hewan, terutama yang ada di lingkungan sekitar, agar terhindar dari penyakit. Hal ini untuk menghindari penularan penyakit, baik antara hewan ke hewan, maupun hewan ke manusia.

Dokter Ana mengatakan, di dunia kedokteran hewan terdapat istilah 'memakmurkan manusia melewati hewan'. Arti kalimat tersebut yakni sebagai acuan, bahwa sesama makhluk hidup harus saling menjaga.

Tak hanya itu, peran dokter hewan juga sangat penting guna mencegah penularan dan penyebaran penyakit yang berasal dari binatang liar, peliharaan maupun ternak.

"Dokter sebagai preventif atau garda terdepan agar penyakit-penyakit itu tidak menular," katanya.

Editor : Siska Permata Sari

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda