Ingin Terhindar dari Osteoporosis? Konsumsi Lima Makanan Ini

Siska Permata Sari ยท Minggu, 19 November 2017 - 17:07 WIB
Ingin Terhindar dari Osteoporosis? Konsumsi Lima Makanan Ini

Perbanyak makan sayur agar terhindar dari osteoporosis. (Foto: DDS)

JAKARTA, iNews.id - Menjaga kesehatan tulang selagi masih muda, memang penting. Pasalnya, menurut sebuah penelitian, sebanyak satu dari tiga wanita dan satu dari lima pria, akan mengalami gangguan tulang atau osteoporosis.

Osteoporosis adalah suatu kondisi yang menyebabkan tulang menipis dan menjadi keropos. Hal ini tentunya berdampak pada kekuatan tulang dan meningkatkan risiko patah tulang. Mengonsumsi makanan sehat dan aktivitas fisik, dinilai dapat membantu menurunkan risiko osteoporosis.

Menurut Ahli Diet Tristica Curley, agar memiliki kesehatan tulang yang baik, makanan yang kaya kalsium dan vitamin D, sangat diperlukan di samping protein, vitamin A, magnesium, dan vitamin K.

“Asupan nutrisi yang memadai, akan memastikan tulang kita mencapai massa tulang, hingga tulang menjadi padat dan kuat,” kata Curley, dikutip iNews.id dari Global News, Minggu (19/11/2017).

Nah, makanan apa saja yang mampu meningkatkan kekuatan tulang dan dapat menghindari Anda dari osteoporosis?


Susu Rendah Lemak

Salah satu sumber kalsium adalah susu sapi. Menurut ahli diet dari Kanada Andrea D'Ambrosio, susu mengandung magnesium, vitamin D, dan fosfor yang mendukung penyerapan kalsium. Namun, jika Anda memiliki alergi terhadap susu atau intoleransi, sumber non susu seperti almond atau santan juga dapat memberikan kalsium dan vitamin D.

Salmon

Ikan salmon adalah sumber vitamin D yang baik dan mampu meningkatkan penyerapan kalsium dan jumlah kalsium di tulang Anda. Curley menyarankan untuk mengonsumsi dua porsi salmon per minggu.

"Salmon juga merupakan sumber protein yang kaya dan mengandung kolagen, juga mempertahankan kekuatan tulang," kata Curley.

           Miss World, Achintya Nilsen Sudah Lakukan yang Terbaik

           Miss World 2017, Manushi Chhillar Ucapkan Terima Kasih
          
           India dan Venezuela Terbanyak Menangi Miss World

           Setelah 17 Tahun, India Kembali Raih Mahkota Miss World

Kacang-kacangan

Kandungan yang dibutuhkan tulang seperti sumber protein dan magnesium terdapat pada kacang-kacangan. Inilah yang nantinya dapat meningkatkan massa tulang. Salah satu studi tahun 2010 di Barcelona, juga menemukan bahwa mengkonsumsi kacang-kacangan dapat menghindari demineralisasi tulang.

Tahu

Andrea mengatakan, tak banyak orang mengetahui jika tahu atau tofu memiliki kandungan kalsium yang kaya. "Dalam porsi tiga perempat cangkir, ada sekira 302-525 miligram kalsium," terang Andrea.

Sayuran Hijau dan Sawi

Andrea memaparkan bahwa sayuran hijau mengandung vitamin C dan vitamin K yang dapat membantu agar tulang tetap kuat. Memasak sayuran sejenis sawi juga dapat meningkatkan jumlah kalsium. Tak hanya sawi, sayuran berdaun gelap, seperti kangkung, lobak hijau, dan bayam juga mengandung kalsium, vitamin K, dan magnesium.

Editor : Tuty Ocktaviany