Ingin Tingkatkan Kualitas Sperma? 4 Vitamin Ini Bisa Jadi Solusi

Siska Permata Sari ยท Kamis, 16 April 2020 - 11:24 WIB
Ingin Tingkatkan Kualitas Sperma? 4 Vitamin Ini Bisa Jadi Solusi

Salmon menjadi salah satu makanan yang bisa meningkatkan kualitas sperma Anda. (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - Sperma yang sehat dan berkualitas sangat penting untuk kesuburan pria, apalagi jika Anda dan pasangan kini tengah mendambakan buah hati. Anda bisa meningkatkan kualitas sperma dengan mengonsumsi makanan-makanan tertentu.

Makanan-makanan tersebut harus mengandung unsur-unsur penting yang terkait dengan kesuburan Anda. Biasanya, makanan-makanan itu mengandung zat-zat mineral seperti zinc, folat, hingga asam lemak omega-3.

Makanan juga harus memiliki vitamin-vitamin penting berikut ini, yang dapat meningkatkan kesehatan sperma Anda. Berikut informasi lengkapnya seperti dirangkum dari Healthline, Kamis (16/4/2020).

1. Vitamin B-12

Vitamin B-12 adalah nutrisi penting untuk kesehatan sperma secara keseluruhan. Penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin ini dapat  meningkatkan motilitas sperma, meningkatkan jumlah sperma, dan mengurangi kerusakan DNA sperma.

Anda bisa mendapatkan vitamin B-12 dari ikan dan makanan laut, terutama kerang, daging dan unggas, terutama hati, dan produk hewani seperti telur.

2. Vitamin C

Vitamin C adalah antioksidan yang memainkan peran penting dalam kesuburan pria. Berdasarkan penelitian, asupan vitamin C telah ditunjukkan untuk meningkatkan motilitas, jumlah, dan morfologi sperma. Anda dapat menambah asupan vitamin C dengan mengonsumsi buah-buahan seperti buah jeruk, paprika, kiwi, stroberi, blewah, dan sayur-sayuran yakni tomat, brokoli, kubis, serta kentang.

3. Vitamin D

Suplemen vitamin D telah dikaitkan dapat meningkatkan kadar testosteron dan motalitas sperma. Selain dari suplemen dan sinar matahari, vitamin D dapat didapat dari makanan-makanan seperti ikan salmon, mackerel, tuna, hati sapi, keju, kuning telur, jamur dan yoghurt.

4. Vitamin E

Sama halnya dengan vitamin C, vitami E juga memiliki antioksidan sehingga dapat melindungi sperma dari kerusakan. Anda dapat menambah asupan vitamin E dengan minyak nabati, kacang-kacangan, sayuran hijau seperti brokoli dan bayam.

Editor : Tuty Ocktaviany