Ini Perbedaan Covid-19 dengan Hepatitis Akut Misterius pada Anak, Penyakit yang Berasal dari Virus 

kevi laras · Minggu, 15 Mei 2022 - 13:19:00 WIB
Ini Perbedaan Covid-19 dengan Hepatitis Akut Misterius pada Anak, Penyakit yang Berasal dari Virus 
Ilustrasi hepatitis akut misterius yang menyerang anak-anak. (foto: istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Hepatitis akut misterius pada anak yang saat ini jadi pusat perhatian semua negara. Sayang, hingga kini penyebabnya belum diketahui. Alhasil banyak asumsi yang mengkaitkan Hepatitis akut misterius ini dengan Covid-19

Menurut Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi, M.Epid penyakit Hepatitis sudah ada sejak lama di berbagai negara, termasuk Indonesia. Namun, penyebabnya diketahui karena virus Hepatitis A,B,C,D dan E, terkecuali Hepatitis akut misterius.

"Pertama penyakit hepatitis ini sudah ada di seluruh negara. Kedua, selain tadi disebabkan oleh virus ABCDE ada yang lain, (hepatitis akut misterius) ditemukan penyebab lain yaitu virus Adenovirus," ujar dr Nadia dikutip dalam tanyangan video diakun Instagram dr Fajri @drfajriaddai, Minggu (15/5/2022)

Kemudian, muncul Hepatitis akut misterius ini dan diuji ke laboratorium. Ditemukan adanya virus Adenovirus dan virus non Hepatitis ABCDE. Alhasil kemunculan Hepatitis akut misterius dijadikan sebagai penyakit yang harus diwaspadai oleh WHO.

"Muncul hepatitis suatu gejala dengan hepatitis yang ditemukan. Kemudian dalam pemeriksaan di laboratorium ditemukan jenis virus Adenovirus dan non Hepatitis ABCDE. Ini dikategorikan oleh WHO, sebagai penyakit harus diwaspadai, makanya ada sistem kewaspadaan yang dibuat WHO," kata dr Nadia

Editor : Elvira Anna

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda