Ini Perbedaan Gejala Covid-19 Varian Omicron dan Delta, Waspada Jika Sakit Tenggorokan

Muhammad Sukardi ยท Rabu, 02 Maret 2022 - 16:30:00 WIB
Ini Perbedaan Gejala Covid-19 Varian Omicron dan Delta, Waspada Jika Sakit Tenggorokan
Pakar kesehatan dr Seno menjelaskan beda varian Delta dan Omicron. (Foto: Muhammad Sukardi)

JAKARTA, iNews.id - Indonesia saat ini menghadadapi gelombang ketiga Covid-19 varian Omicron. Berbeda dengan varian Delta, Omicron tidak terlalu fatal hingga menyebabkan pasien sesak napas.

Sebelumnya pada Juni-Juli 2021 banyak rumah sakit yang terpantau kehabisan tabung oksigen. Kala itu pasien membludak dan tak sedikit membutuhkan oksigen untuk bisa tetap bernapas dengan baik.

Untungnya kondisi saat Delta tidak terlihat di gelombang Covid-19 Omicron. Rumah sakit sampai sekarang terkendali dan kasus kehabisan tabung oksigen tidak ada lagi.

Mengapa situasi ini terjadi? Apakah memang varian Omicron tidak menyebabkan sesak napas seperti Delta di tahun lalu?

Ketua Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FKUI dr Prasenohadi, Sp.P, menjelaskan situasi di RS memang tidak sesibuk saat gelombang Delta. Kebutuhan akan oksigen pun tidak setinggi di saat gelombang Delta.
 
"Berdasar pengalaman saya di RS, pada masa Juni-Juli 2021 jumlah pasien dengan gagal napas sangat tinggi, diikuti ketidakcukupan oksigen. Akibatnya angka kematian begitu tinggi dibandingkan gelombang Omicron sekarang," papar dr Seno dalam konferensi pers virtual, Rabu (2/3/2022).

Jadi sepertinya, lanjut dr Seno, setiap varian Covid-19 itu memiliki karakternya sendiri yang berakibat pada organ tertentu. Pada kasus Delta misalnya, infeksinya dominan pada bagian paru yang paling kecil atau biasa disebut Alveolus.

"Pada infeksi Delta, terjadi juga pneumonia, proses inflamasi yang hebat atau badai sitokin. Terjadi juga edema paru akut, yang akhirnya kebutuhan akan oksigen begitu tinggi. Makanya saat itu kebutuhan ICU pun membludak," kata dr Seno.

Editor : Elvira Anna

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda