Kaki Bengkak saat Hamil, Begini Cara Aman untuk Mengatasinya

Ayu Utami ยท Senin, 20 Juni 2022 - 11:02:00 WIB
Kaki Bengkak saat Hamil, Begini Cara Aman untuk Mengatasinya
ilustrasi cara mengatasi kaki bengkak saat hamil. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Kaki bengkak saat hamil adalah salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh perempuan. Biasanya hal itu terjadi saat usia kandungan telah memasuki trimester akhir.

Lantas apa penyebab kaki bisa bengkak saat hamil? Apakah hal itu lumrah dan tak berbahaya? Melansir dari laman Medical News Today, mengalami kaki bengkak saat hamil adalah hal yang wajar. Hal itu dikarenakan ketika kandungan sudah mulai membesar, artinya pertumbuhan janin dan rahim mulai membesar juga.

Dampak dari kandungan yang besar maka memberikan tekanan berlebih pada tungkai dan kaki. Kondisi inilah yang bisa memicu kaki bengkak saat hamil. Selain itu, sirkulasi darah saat hamil juga relatif lebih lambat. Alhasil cairan pun menumpuk di dalam tubuh dan memicu kaki bengkak.

 

Jangan khawatir, meski mengalami bengkak ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Inilah beberapa cara mengatasi kaki bengkak saat hamil.

1. Sering Istirahatkan Kaki 
Mengatasi kaki bengkak saat hamil salah satunya disarankan agar tidak terlalu sering berdiri dan istirahatkan kaki. Contohnya ketika duduk dengan posisi kaki diangkat ke atas saat istirahat. Sesekali, tekuk kaki untuk meregangkan otot betis.

2. Tidur Miring Kiri
Selanjutnya perhatikan posisi tidur. Disarankan tidur untuk miring ke kiri bisa membantu mengurangi tekanan dari pembuluh darah vena besar. Bisa tambahkan juga bantal untuk mengganjal bagian kaki dengan posisi tidur ini. Lakukan cara ini agar kaki bengkak saat hamil bisa sedikit teratasi. 

Editor : Elvira Anna

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda