Konsumsi Air Putih Dukung Fungsi Penglihatan dan Memori Anak

Dani M Dahwilani · Senin, 06 November 2017 - 23:06:00 WIB
Konsumsi Air Putih Dukung Fungsi Penglihatan dan Memori Anak
Para ahli mengungkapkan penambahan konsumsi air putih pada anak dapat mendukung fungsi penglihatan dan memori. (Foto/Ilustrasi/Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Air merupakan komponen utama dalam tubuh manusia. Pada pria dewasa sebesar 55-60 persen, sementara perempuan dewasa 50-60 persen dari berat tubuh.

Karena perbedaan dalam komposisi tubuh, anak-anak memiliki persentase kandungan air yang lebih tinggi dibandingkan orang dewasa. Rata-rata, air mewakili 75 persen masa tubuh bayi sampai usia 6 bulan, kemudian menurun cepat selama masa bayi dan melambat pada masa kanak-kanak.

Tanpa air seluruh kegiatan manusia tidak mungkin dapat berlangsung, tidak ada satupun reaksi kimia dalam tubuh dapat berlangsung tanpa adanya air. Hal ini mengapa manusia butuh asupan air yang cukup.

Kebutuhan minum pada pria dewasa adalah 8-10 gelas, wanita dewasa 6-8 gelas, anak-anak 5-7 gelas, tergantung dari ukuran gelas yang digunakan (AKG 2013).

Data terkini hasil penelitian pakar dari Prancis mengenai hidrasi di Indonesia menunjukkan bahwa 1 dari 4 orang dewasa/anak belum minum cukup.

Hal ini menjadi perhatian Indonesia Hydration Working Group (IHWG), Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) serta PT Tirta Investama (Danone Aqua). Mereka pun berusaha memberikan pengetahuan tentang manfaat air dan hidrasi sehat berdasarkan kajian ilmiah terkini.

"Air sebagai salah satu zat gizi makro esensial mempunyai fungsi dalam berbagai proses penting dalam tubuh, yaitu sebagai pembentuk sel dan cairan tubuh, sebagai pengatur suhu tubuh, sebagai pelarut  dalam proses pencernaan makanan, sebagai pelumas dan bantalan, sebagai media transportasi, dan sebagai media eliminasi sisa metabolism dalam tubuh," ujar Ketua IHWG, Dr Budi Wiweko SpOG, dalam keterangan tertulis yang dilansir iNews.id, Senin (6/11/2017).

Dia memaparkan penelitian terkini mengungkapkan bahwa pada anak yang beraktivitas, perbaikan status hidrasi akan membantu meningkatkan ketahanan fisik (American Academy of Pediatrics Committee on Nutrition  and Council on Sports Medicine and Fitness, 2011). Penambahan konsumsi air putih pada anak dapat mendukung fungsi penglihatan dan memori.

"Pengertian Hidrasi Sehat adalah minum air sesuai kebutuhan (berdasarkan usia, jenis kelamin, aktivitas fisik dan lingkungan) untuk menggantikan air yang hilang melalui urin dan keringat dan menjaga keseimbangan cairan  tubuh," jelasnya.

Budi menuturkan untuk meningkatkan pengetahuan tentang pentingnya air dan dehidrasi pihaknya menggelar IHWG Week 2017, pada 7-8 November 2017. Acara ini menghadirkan dua pakar kesehatan hidrasi internasional, yaitu  Professor Stavros Kavouras dari University of Arkansas AS, Professor Ivan Tack dari Toulouse School of Medicine Paul Sabatier University, Prancis dan Isabelle Guelinckx PhD dari Danone Research Palaiseau, Prancis. Kedua pakar ini akan menyampaikan beberapa topik presentasi seputar hidrasi dan kesehatan.

“IHWG Week menggelar serangkaian acara ilmiah melalui program Meet The Expert, Masterclass dan Scientific Symposium yang diperuntukkan bagi dokter serta tenaga medis lainnya dari beberapa universitas di Indonesia,” tandas Budi.

Editor : Dani M Dahwilani