Lebih Praktis, Sudah Ada Tes Covid-19 dengan Air Liur di Indonesia

Muhammad Sukardi · Sabtu, 20 Maret 2021 - 12:18:00 WIB
Lebih Praktis, Sudah Ada Tes Covid-19 dengan Air Liur di Indonesia
Tes covid semakin mutakhir. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Teknologi untuk diagnosa atau tes Covid-19 semakin maju. Kalau Anda sudah cukup familiar dengan rapid antigen, PCR, atau GeNose, maka kali ini ada jenis tes terbaru yaitu tes Covid-19 dengan sampel saliva atau air liur. 

Tes diagnostik Covid-19 dengan sampel air liur  diketahui menggunakan metode Reserve Transcription Loop Mediated Isothernal Amplification (RT LAMP) untuk dapat mendeteksi secara spesifik asam nukleat yang merupakan material genetik dari virus SARS-CoV2. 

"RT LAMP adalah tes molekuler yang termasuk dalam kategori NAAT (Nucleat Acid Amplification Test) bersama dengan RT-PCR dan TCM sesuai Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK. 01.07/MENKES/446/2021," tulis laporan Kalbe yang diterima iNews.id. 

Laporan tersebut menerangkan bahwa tes Covid-19 sampel sativa mengklaim bahwa sebagai tes molekuler, akurasi metode RT LAMP ini jauh lebih baik dibandingkan rapid tes antigen yang mendeteksi protein virus.

Akterono D. Budiyati, IVD Division Research Manager Stemcell and Cancer Institute (SCI) pun mengatakan bahwa tes Covid-19 dengan air liur ini memiliki performa akurasi yang tinggi dengan sensitivitas 94 persen dan spesifitas 98 persen. 

"Cara pengambilan sampelnya juga mudah, hanya menaruh air liur di wadah yang disediakan. Dengan begitu, tes ini bisa dikatakan sangat nyaman dan praktis," ujarnya. 

Secara teknis, Akterono melanjutkan, sampel saliva tidak membutuhkan alat khusus dan tidak menimbulkan risiko muntah ataupun hidung sensitif. Dengan begitu, anak-anak atau orang yang hipersensitif menjadi lebih mudah untuk dites Covid-19. "Orang yang berpuasa juga jadi enggak perlu khawatir," katanya lagi. 

Diungkapkan Irawati Setiady, Presiden Komisaris PT Kalbe Farma Tbk, tes pemeriksaan LAMP Saliva ini akan sangat bermanfaat bagi percepatan penanggulangan pandemi Covid-19 sekaligus membantu pemerintah membuka akses lebih luas lagi. 

"Sebab, dengan adanya tes ini, akan mampu menjangkau masyarakat yang tinggal di daerah-daerah yang minim infrastruktur laboratorium pemeriksaan Covid-19," kata Irawati. 

Tes Covid-19 air liur ini merupakan karya anak bangsa yang dikembangkan oleh tim riset dan pengembangan Kalbe yaitu SCI (Stemcell and Cancer Institute) yang dilakukan melalui serangkaian proses pengujian sesuai dengan ketentuan. 

Kit untuk pemeriksaan telah mendapat izin edar resmi dari Kementerian Kesehatan RI dengan nomor AKD 20303120508 yang diproduksi PT Kalgen DNA dan akan dipasarkan dengan merk ELVA DIAGNOSTIC SARS CoV 2 Saliva Nucleic Acid Test Kit oleh PT Enseval Medika Prima. 

Editor : Dyah Ayu Pamela

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda