4 Manfaat Bawang Putih, Salah Satunya Bikin Panjang Umur

Siska Permata Sari ยท Senin, 23 November 2020 - 17:28:00 WIB
4 Manfaat Bawang Putih, Salah Satunya Bikin Panjang Umur
Bawang putih baik bagi kesehatan tubuh. (Foto: Boldsky)

JAKARTA, iNews.id - Bawang putih menjadi salah satu bumbu yang penting dalam masakan, termasuk di hidangan-hidangan Indonesia. Tak hanya menambah kelezatan, bawang putih rupanya menyimpan manfaat yang kaya untuk kesehatan.

Berbagai penelitian telah dilakukan untuk menemukan bahwa bawang putih dapat dijadikan obat alami yang ampuh dalam melawan penyakit. Hal tersebut diyakini karena kandungan senyawa belerang yang terbentuk saat bawang putih dipotong, dihancurkan atau dikunyah.

Selain itu juga ada allicin dan senyawa lain seperti diallyl disulfide dan s-allyl cysteine. Berikut ragam manfaat kesehatan dari bawang putih, seperti dilansir dari Healthline, Senin (23/11/2020).

1. Menurunkan tekanan darah

Bawang putih rupanya bisa menjadi ‘obat ampuh’ mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi. Penyakit ini tak jarang memicu penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

Menurut penelitian, suplemen bawang putih memiliki dampak signifikan pada penurunan tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi. Dalam penelitian itu ditemukan, 600–1.500 mg ekstrak bawang putih sama efektifnya dengan obat Atenolol dalam menurunkan tekanan darah selama periode 24 minggu.

2. Membantu cegah alzheimer dan demensia

Bawang putih mengandung antioksidan yang mendukung mekanisme perlindungan tubuh terhadap kerusakan oksidatif. Menurut penelitian, suplemen bawang putih dosis tinggi telah terbukti meningkatkan enzim antioksidan pada manusia, serta secara signifikan mengurangi stres oksidatif pada mereka yang memiliki tekanan darah tinggi. Secara tidak langsung, bawang putuh dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan demensia.

Editor : Tuty Ocktaviany