4 Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Mencegah Kanker

Siska Permata Sari ยท Rabu, 02 Desember 2020 - 09:37:00 WIB
4 Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Mencegah Kanker
Semangka bermanfaat untuk mencegah kanker. (Foto: Boldsky)

JAKARTA, iNews.id - Buah semangka erat kaitannya dengan kandungan air yang tinggi. Itu sebabnya buah ini sangat menyegarkan dan mampu menghidrasi tubuh ketika Anda mengonsumsinya.

Selain kandungan air yang tinggi, buah semangka juga tinggi vitamin C, vitamin A dan banyak senyawa tanaman sehat lainnya yang bermanfaat untuk tubuh Anda.

Di antaranya saja kalium, magnesium, karotenoid, likopen, hingga cucurbitacin E, senyawa tanaman yang mempunyai efek antioksidan dan anti-inflamasi.

Dengan kandungan sebanyak itu, Manfaat buah semangka mempunyai manfaat-manfaat mengejutkan untuk tubuh Anda. Apa saja? Simak daftarnya seperti dilansir dari Healthline, Selasa (1/12/2020).

1. Mencegah kanker

Manfaat mengejutkan pertama dari semangka adalah buah ini dapat membantu mencegah kanker. Hal ini lantaran kandungan likopen pada semangka yang dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah dari beberapa jenis kanker, menurut sejumlah penelitian. Selain itu, kandungan cucurbitacin E juga telah diteliti kemampuannya untuk menghambat pertumbuhan tumor.

2. Tingkatkan kesehatan jantung

Tak hanya kanker, buah semangka rupanya juga bermanfaat bagi kesehatan jantung. Studi menunjukkan bahwa likopen dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah, yang berkontribusi pada kesehatan jantung secara keseluruhan.

Alasan lainnya, semangka juga mengandung citrulline, asam amino yang dapat meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh. Nitrit oksida membantu pembuluh darah Anda berkembang, yang menurunkan tekanan darah. Vitamin dan mineral lain dalam semangka juga baik untuk jantung Anda. Ini termasuk vitamin A, B6, C, magnesium dan kalium.

Editor : Tuty Ocktaviany