Masker yang Baik Harus Melindungi Hidung, Mulut, Pipi dan Dagu

Riyandy Aristyo · Rabu, 15 April 2020 - 11:24:00 WIB
Masker yang Baik Harus Melindungi Hidung, Mulut, Pipi dan Dagu
Menggunakan masker yang tepat (Foto : BNPB)

JAKARTA, iNews.id - Di masa pandemi Covid-19 ini, pemerintah mewajibkan masyarakat Indonesia untuk memakai masker. Syarat masker yang baik yakni bisa melindungi hidung, mulut, pipi dan dagu.

"Masker kain yang direkomendasikan adalah berbahan katun berlapis tiga. Kita dapat membuatnya sendiri yang penting bisa melindungi hidung, mulut, pipi dan dagu," kata Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Prof. drh. Wiku Adisasmito M.Sc, Ph.D, saat konferensi virtual di Jakarta, Rabu (15/4/2020).

Dr Wiku menjelaskan, menggunakan masker juga bukan untuk melindungi diri sendiri, tapi mencegah orang lain tertular penyakit. Begitupun sebaliknya.

"Pakai masker itu untuk melindungi orang lain, bukan kita. Misalnya kita terinfeksi virus corona, supaya tidak menyebar ke orang lain, kita pakai masker. Begitu juga dengan orang lain. Mereka harus melindungi kita dengan cara yang sama," katanya.

Dr Wiku menyarankan untuk membawa masker lebih dari satu. Selain untuk mengganti masker yang sudah dipakai, bisa juga diberikan kepada orang lain yang kebetulan tidak memakai atau tidak mempunyai masker.

"Bawa masker lebih dari satu karena maksimal kita pakai masker hanya empat jam. Bisa juga diberikan kepada orang lain yang tidak pakai atau tidak punya masker. Ingat, masker yang diberikan harus yang baru dan bersih," katanya.

Memakai masker merupakan salah satu cara untuk memutus rantai penyebaran virus corona selain mencuci tangan dan menjaga jarak. Jika tidak ada keperluan mendesak, lebih baik berdiam diri di rumah saja.

Editor : Vien Dimyati