Mau Kualitas Tidur Lebih Baik? Hindari Makan Berlebihan dan Lakukan 3 Kebiasaan Ini

Siska Permata Sari ยท Senin, 31 Agustus 2020 - 14:01 WIB
Mau Kualitas Tidur Lebih Baik? Hindari Makan Berlebihan dan Lakukan 3 Kebiasaan Ini

Tidur dengan kualitas baik berpengaruh terhadap kesehatan. (Foto: Boldsky)

JAKARTA, iNews.id - Kualitas tidur yang baik menjadi kunci penting menjaga kesehatan di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Pasalnya, tidur dan istirahat dapat berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh Anda.

Mempunyai kualitas tidur yang baik, ternyata dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Fakta tersebut telah dibuktikan di berbagai penelitian. Salah satunya studi yang diterbitkan pada The Journal of Experimental Medicine.

Namun adakalanya, sulit untuk membangun kualitas tidur yang baik. Tak jarang, ini juga berkaitan dengan kebiasaan atau aktivitas Anda sehari-hari, mulai dari pagi hingga menjelang tidur.

Lalu, bagaimana cara membangun kebiasaan sehat untuk kualitas tidur yang lebih baik? Simak cara-caranya, seperti dilansir dari Sleep Education, Senin (31/8/2020).

1. Punya jadwal tidur

Awal untuk mempunyai kualitas tidur yang baik adalah mempunyai jadwal tidur dan disiplin dengan itu. Pertahankan jadwal tidur yang konsisten dengan tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, bahkan di akhir pekan atau saat liburan. Upayakan, setiap malam Anda mendapatkan sekira tujuh jam waktu tidur.

2. Lakukan rutinitas sebelum tidur

Agar tidur lebih nyenyak, lakukanlah rutinitas yang menenangkan sebelum tidur. Misalnya, membaca buku, mendengarkan musik yang lembut, minum secangkir teh pengantar tidur atau susu hangat. Hindarilah rutinitas yang bisa menegangkan mata seperti menonton film atau video lewat ponsel atau berselancar di media sosial.

3. Hindari konsumsi makanan berlebihan sebelum tidur

Sebaiknya, Anda tidak mengonsumsi terlalu banyak makanan dan minuman sebelum tidur. Jika Anda lapar di malam hari, makanlah camilan yang ringan dan sehat, atau minum susu hangat. Hindari juga makanan yang membuat Anda lebih terjaga di malam hari seperti minuman berkafein.

4. Hindari paparan perangkat elektronik sebelum tidur

Perangkat elektronik seperti ponsel bisa jadi alat yang menyebabkan Anda sulit tidur di malam hari. Itu berkaitan dengan cahaya biru yang dikeluarkan dari layar ponsel. Jadi sebaiknya batasi paparan cahaya terang di malam hari, termasuk dari perangkat elektronik. Matikan perangkat elektronik setidaknya 30 menit sebelum waktu tidur.

Selamat mencoba!

Editor : Tuty Ocktaviany