Mau Olahraga saat Puasa? Perhatikan Waktu dan Durasi agar Imunitas Tubuh Tetap Kuat

Siska Permata Sari ยท Minggu, 26 April 2020 - 11:57 WIB
Mau Olahraga saat Puasa? Perhatikan Waktu  dan Durasi agar Imunitas Tubuh Tetap Kuat

Olahraga selama puasa harus dijaga. (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - Tidak makan dan minum selama belasan jam di bulan Ramadan, seharusnya tidak menjadi alasan untuk malas bergerak, termasuk berolahraga. Selain menjaga asupan makan, olahraga juga penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Sistem kekebalan tubuh inilah yang penting di saat-saat ini, ketika bulan Ramadan bertepatan dengan adanya virus corona baru (Covid-19). Selain itu, olahraga juga dapat membuat tubuh lebih bugar dan segar meskipun tengah menjalani puasa.

Lalu, bagaimana seharusnya cara yang tepat untuk berolahraga di bulan puasa? Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan, seperti dilansir dari Global News, Minggu (26/4/2020).

Waktu

Waktu, sangat memainkan peran penting ketika memutuskan untuk berolahraga di bulan Ramadan. Nah, waktu terbaik untuk berolahraga saat ini adalah tepat sebelum matahari terbenam atau sebelum berbuka puasa.

Sementara itu, waktu terburuk untuk mulai berolahraga adalah di tengah hari, karena hal ini akan memicu Anda merasa lebih lelah dan bisa dehidrasi. Di saat-saat seperti ini, sebaiknya lakukan olahraga ringan di rumah.

Durasi ideal

Durasi yang direkomendasikan untuk memulai olahraga adalah melakukan intensitas rendah selama 30 menit di hari-hari pertama Ramadan. Kemudian setelah pertengahan Ramadan dan daya tahan tubuh sudah teruji, dianjurkan untuk olahraga selama satu jam per hari.

Jenis olahraga

Jenis olahraga juga penting, agar saat atau setelah berolahraga tubuh tidak merasa kewalahan. Oleh sebab itu, dianjurkan untuk berpegang teguh pada latihan yang berfokus pada kekuatan dan kardio yang tidak terlalu keras.

Namun jika Anda bersikeras ingin  melakukan kardio intensitas tinggi, sebaiknya dilakukan setelah berbuka puasa. Sementara itu bagi orang yang tidak terbiasa berolahraga, lebih baik melakukan aktivitas fisik yang lebih ringan, seperti berjalan dan meregangkan badan. Atau bisa juga melakukan aktivitas fisik dengan mengerjakan pekerjaan rumah seperti menyapu, mengepel lantai, dan sebagainya.

Editor : Tuty Ocktaviany