Mengenal Manfaat Imunisasi Lengkap untuk Kesehatan, Salah Satunya Cegah Penyakit Berbahaya

Vien Dimyati · Senin, 18 April 2022 - 16:13:00 WIB
Mengenal Manfaat Imunisasi Lengkap untuk Kesehatan, Salah Satunya Cegah Penyakit Berbahaya
Mengenal manfaat imunisasi (Foto: Healthy children)

JAKARTA, iNews.id - Imunisasi merupakan program penting kesehatan untuk meningkatkan antibodi dan mencegah penyakit berbahaya. Selama pandemi Covid-19, program imunisasi sempat terhambat.

Kini, dalam rangka Pekan Imunisasi Dunia 2022, masyarakat diminta untuk menggalakkan kembali imunisasi.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Kementerian Kesehatan, Dr. Maxi Rein Rondonuwu mengatakan, pandemi Covid-19 telah mengingatkan dunia mengenai manfaat imunisasi untuk melawan penyakit, menyelamatkan nyawa, dan menciptakan masa depan yang lebih sehat, lebih aman, dan lebih sejahtera. 

Untuk itu, ke depannya, sistem imunisasi yang baik sangat diperlukan untuk memastikan setiap orang dapat terlindungi dari Covid-19 dan berbagai penyakit lain.

"Imunisasi tidak hanya mengurangi risiko kesakitan, kecacatan dan kematian terkait penyakit menular, tapi juga membantu mendukung prioritas nasional seperti pendidikan dan pembangunan ekonomi," ujar Dr. Maxi Rein Rondonuwu, di Jakarta belum lama ini.

Dr. Maxi Rein Rondonuwu menambahkan, saat ini, tersedia berbagai imunisasi yang bermanfaat untuk mencegah lebih dari 20 penyakit yang mengancam jiwa. Imunisasi saat ini mencegah 2 hingga 3 juta kematian setiap tahun akibat penyakit seperti difteri, tetanus, pertusis, influenza, dan campak.

Pada 2020 – 2030, diperkirakan imunisasi akan menyelamatkan lebih dari 32 juta nyawa, di mana 28 juta di antaranya adalah anak-anak berusia di bawah 5 tahun.

Prof Sri Rezeki Hadinegoro, Ketua Komite Penasehat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI) mengatakan, salah satu upaya pembentukan generasi sehat adalah menjaga generasi bangsa dari ancaman penyakit menular berbahaya melalui langkah pencegahan atau preventif bertahap yang dimulai dengan pemberian imunisasi kepada bayi dan anak. Namun, kondisi pandemi Covid-19 telah membuat sebagian orang tua khawatir untuk memberikan imunisasi bagi anaknya. 

Padahal imunisasi dasar penting bagi bayi dan anak sampai umur 18 bulan untuk melindungi dari berbagai penyakit berbahaya lain yang telah berjalan selama ini. 

"Apabila banyak bayi dan balita yang tidak mendapatkan imunisasi dasar lengkap kelak dapat terjadi wabah berbagai penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3-I) yang akan mengakibatkan banyak anak sakit berat, cacat, atau meninggal. Maka dari itu, masyarakat harus betul-betul memahami, hanya dengan Imunisasi Rutin Lengkap (IRL), anak-anak dan seluruh masyarakat akan terlindungi secara optimal dari PD3I," kata Prof Sri Rezeki.

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda