Mengenal Mitos dan Fakta Stroke, hingga Kurangi Risiko dengan Relaksasi Otot

Vien Dimyati ยท Jumat, 05 Februari 2021 - 16:30:00 WIB
Mengenal Mitos dan Fakta Stroke, hingga Kurangi Risiko dengan Relaksasi Otot
Mengenal stroke (Foto: Semmes Murphey)

JAKARTA, iNews.id - Stroke merupakan salah satu kondisi yang terjadi karena pasokan darah ke otak berkurang akibat penyumbatan. Jika tidak ditangani secara cepat, kondisi ini dapat menyebabkan kematian.

Mengacu pada data 2014 yang pernah dilakukan Penelitian pengembangan kesehatan (Litbangkes) Kementerian Kesehatan, sebanyak 21,1 persen dari seluruh penyebab kematian disebabkan oleh stroke.

Adapun data Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) pada 2009 menyebutkan 65 persen pasien stroke mengalami kecacatan dari berbagai level, tidak hanya mereka yang tidak bisa berjalan, bergerak, tetapi juga gejala lain yang mengindikasikan seseorang terkena stroke.

Dokter spesialis syaraf dari Siloam Hospitals Ambon, dr. Enseline Nikijuluw, Sp.S mengatakan, membangkitkan rasa gembira dan bahagia, merupakan cara efektif dan mudah yang dapat dilakukan.

"Selalu membangkitkan rasa gembira guna relaksasi pada otot dan kerja saraf tepi," kata dr. Enseline melalui keterangan virtual yang digelar Manajemen Siloam Hospitals Ambon bertema : "Kenali Stroke Mitos versus Fakta", belum lama ini.

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2