Mengenal Perbedaan Produk Tembakau Dipanaskan dengan Rokok Elektrik

Vien Dimyati ยท Senin, 05 April 2021 - 18:03:00 WIB
Mengenal Perbedaan Produk Tembakau Dipanaskan dengan Rokok Elektrik
Mengenal perbedaan rokok elektrik dan tembakau dipanaskan (Foto: consumer Affairs)

JAKARTA, iNews.id - Persoalan rokok di Indonesia memang tidak ada habisnya menjadi perbincangan. Sudah menjadi hal umum, jika asap rokok menjadi penyebab masalah kesehatan di tubuh.

Meski demikian ada banyak cara untuk mengurangi risiko penyakit yang diakibatkan karena rokok. Inovasi produk Hasil Pengolahan Tembakau Lainnya (HPTL) dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi masalah rokok di Indonesia. Produk tersebut terbukti dapat membuat perokok beralih dari kebiasaannya dan pada akhirnya berhenti merokok.

Peneliti dari Yayasan Pemerhati Kesehatan Publik (YPKP), Amaliya menjelaskan, terdapat beragam jenis dari produk tembakau alternatif atau HPTL, seperti produk tembakau yang dipanaskan dan rokok elektrik, yang saat ini tengah beredar di masyarakat.

Amaliya menjelaskan, berbagai produk HPTL memiliki perbedaan, baik dari bahan baku, cara konsumsi, hingga kadar senyawa kimia yang dihasilkan. Sebagai contoh, produk tembakau yang dipanaskan memiliki bahan baku utama tembakau yang dibentuk menjadi lembaran.

"Setelah itu, lembaran tembakau tersebut digulung dan disebut sebagai batang tembakau. Pada saat pengguna akan mengonsumsinya, batang tembakau tersebut akan dimasukkan ke dalam alat untuk dipanaskan. Ketika dipanaskan, produk ini akan menghasilkan uap," kata Amaliya melalui keterangannya dikutip Senin (5/4/2021).

Sementara itu, kata dia, rokok elektrik memiliki bahan baku yang disebut dengan cairan rokok elektrik. Cairan itu terbuat dari bahan-bahan seperti propelin glikol, gliserin, dan perasa. 

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2