Mengenal Vitamin E, Kunci Penting Jaga Imunitas Tubuh di Tengah Pandemi Covid-19

Siska Permata Sari ยท Senin, 28 September 2020 - 09:53 WIB
Mengenal Vitamin E, Kunci Penting Jaga Imunitas Tubuh di Tengah Pandemi Covid-19

Suplemen sangat dibutuhkan untuk meningkatkan imunitas tubuh. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Nutrisi merupakan hal penting yang perlu diperhatikan dalam menjaga kesehatan tubuh. Apalagi di masa pandemi Covid-19, saat kondisi tubuh bisa sangat rentan terhadap penyakit yang disebabkan oleh virus.

Mengonsumsi nutrisi yang lengkap dapat membantu Anda mempertahankan sistem imun agar terhindar dari berbagai penyakit, baik itu disebabkan virus maupun bakteri, dan pencetus lainnya.

Vitamin E merupakan salah satu nutrisi yang sangat esensial dan dibutuhkan oleh tubuh. Banyak penelitian telah membuktikan bahwa vitamin E sebagai antioksidan, sangat bermanfaat dalam membantu melindungi sel-sel tubuh.

Penelitian-penelitian juga menunjukkan bahwa vitamin E terbukti bermanfaat dalam menjaga daya tahan tubuh atau imunitas.

“Dalam hal daya tahan tubuh, vitamin E berfungsi pertama menjaga keutuhan struktur kulit (Epidermal Barrier) agar mencegah masuknya mikroorganisme (virus dan bakteri) ke dalam tubuh,” kata dr. Michael Reo selaku Medical Manager PT Darya-Varia Laboratoria Tbk, seperti dikutip dari siaran pers, Senin (28/9/2020).

Lebih lanjut, vitamin E mengaktifkan sistem imunitas tubuh seperti meningkatkan aktivitas antibodi serta sel pembunuh alami dalam melawan benda asing, seperti virus dan bakteri yang masuk dalam tubuh.

“Vitamin E juga membantu mencegah kerusakan sel-sel daya tahan tubuh dari radikal bebas, sehingga sel-sel daya tahan tubuh dapat berfungsi dengan baik dalam melawan virus atau bakteri yang masuk dalam tubuh kita,” ujarnya.

Asupan vitamin E bisa didapat dari mengonsumsi beberapa jenis makanan. Beberapa di antaranya minyak sayur, sayuran berwarna hijau seperti bayam, sereal dengan kandungan nutrisi tambahan, telur dan kacang-kacangan.

Namun faktanya, asupan vitamin E melalui makanan, tidak mencukupi kadar yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh sebab itu, tambahan asupan vitamin E dengan konsumsi suplemen merupakan hal yang sangat direkomendasikan oleh dunia medis.

“Untuk mendapatkan manfaat vitamin E dalam memelihara kesehatan kulit dan menjaga daya tahan tubuh, tentunya diperlukan dosis suplemen vitamin E yang aman dan efektif untuk penggunaan jangka panjang,” katanya.

Editor : Tuty Ocktaviany