Catat! Ini Minuman Berkolesterol Tinggi, Nomor 2 Sangat Nikmat tapi Paling Bahaya

Siska Permata Sari ยท Kamis, 25 November 2021 - 15:13:00 WIB
Catat! Ini Minuman Berkolesterol Tinggi, Nomor 2 Sangat Nikmat tapi Paling Bahaya
Minuman berkolesterol tinggi salah satunya susu. (Foto: dok iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Minuman berkolesterol tinggi ini sebaiknya tidak sering dikonsumsi. Apalagi bila Anda sudah mempunyai kolesterol tinggi, sebaiknya hindari deretan makanan atau minuman tersebut. 

Sebab, makanan dan minuman tersebut mengandung lemak jenuh yang tinggi, sehingga pada gilirannya bisa meningkatkan kadar kolesterol Anda. Seperti kita tahu, kolesterol merupakan zat yang digunakan tubuh untuk membuat sel dan hormon.  

Ada dua jenis kolesterol yang berbeda yakni kolesterol baik atau High-density lipoprotein (HDL) dan kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL). Bila kadar kolesterol tidak sehat atau terlalu tinggi, hal itu dapat meningkatkan risiko kondisi kesehatan yang serius, seperti stroke hingga serangan jantung. 

Menjaga pola makan yang sehat dapat membantu mempertahankan kadar kolesterol yang normal. Nah, bila Anda ingin menjaga kadar kolesterol yang normal, sebaiknya hindari minuman berkolesterol tinggi. 


Berikut minuman berkolesterol tinggi, seperti dirangkum dari Healthline, Kamis (25/11/2021).

1. Olahan susu

Olahan susu seperti yogurt menjadi salah satu minuman berkolesterol tinggi. Satu cangkir yogurt misalnya mengandung 31,9 mg kolesterol, atau 11 persen dari kebutuhan harian.  

Meski begitu, di sisi lain, produk susu fermentasi yang satu ini telah dikaitkan dengan penurunan kolesterol LDL, tekanan darah, risiko stroke, penyakit jantung, serta diabetes. Jika Anda ingin mengonsumsi yogurt sebaiknya pilih yang tak mengandung pemanis tambahan berlebih. 


2. Es krim

Selanjutnya ada es krim, salah satu dessert manis yang berkolesterol tinggi. Selain kolesterol, es krim juga mengandung tambahan gula, lemak dan kalori tidak sehat. 

Editor : Elvira Anna

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: