Indonesia Punya 3 Vaksin Covid-19, Yuk Kenali Perbedaannya 

Leonardus Selwyn · Senin, 03 Mei 2021 - 13:00:00 WIB
Indonesia Punya 3 Vaksin Covid-19, Yuk Kenali Perbedaannya 
Ilustrasi vaksin. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id – Vaksinasi Covid-19 di Indonesia hingga kini terus dilakukan pemerintah. Ternyata di Indonesia sendiri sudah ada tiga jenis vaksin yang dipakai. Penasaran kan apa saja perbedaan dari tiga jenis vaksin Covid-19 ini. 
 
Diketahui bahwa vaksinasi adalah satu dari banyak cara yang dipakai demi menciptakan herd immunity (kekebalan kelompok). Indonesia sendiri, sudah melakukan vaksinasi dengan tiga vaksin berbeda, yakni Sinovac, AstraZeneca, serta Sinopharm yang khusus digunakan untuk vaksinasi mandiri. 
 
Meski demikian, saat ini masih banyak masyarakat yang belum paham dengan perbedaan-perbedaan vaksin Covid-19 ini. Merangkum dari laman Instagram Kawal Covid-19 @kawalcovid19.id, Senin (3/5/2021), menjelaskan mengenai perbedaan dari ketiga jenis vaksin ini. Berikut ulasannya. 
 
Vaksin Sinovac (CoronaVac) 
Vaksin ini menjadi yang pertama datang ke Indonesia, sejak awal Desember 2020. Vaksin berasal dari virus yang dinonaktifkan (Inactivated virus vaccine). Virus SARS-Cov2 dinonaktifkan secara kimiawi dengan senyawa yang disebut beta-propiolakton sehingga virus tidak dapat bereplikasi. Meski demikian, semua proteinnya masih tetap utuh. 

Vaksin Sinovac yang paling pertama datang ke Indonesia. (Foto: Dok Instagram)
Vaksin Sinovac yang paling pertama datang ke Indonesia. (Foto: Dok Instagram)


 
Khusus untuk tingkat efikasi atau kemanjuran pada tahap III 50 persen (strain asli), sementara efikasi untuk varian B1351 asal Afrika Selatan masih belum diketahui. Dosis untuk vaksin jenis ini yakni dua dosis berjarak 14 hari, dan penyimpanan harus dalam 2-8 derajat celsius. 
 

Editor : Elvira Anna

Halaman : 1 2