Waspada, Ini 5 Penyebab Nyeri Payudara di Luar Siklus Haid

Siska Permata Sari ยท Kamis, 07 Juli 2022 - 10:30:00 WIB
Waspada, Ini 5 Penyebab Nyeri Payudara di Luar Siklus Haid
Nyeri Payudara di Luar Siklus Haid. (foto: istimewa)

JAKARTA, iNews.id  - Nyeri payudara pada perempuan memiliki beragam sebab. Salah satunya saja siklus haid, di mana nyeri payudara terjadi karena adanya fluktuasi hormon. Lantas apa penyebab nyedi payudara di luar siklus haid? 

Nyeri payudara di luar siklus haid ini biasanya terjadi pada tiga hingga lima hari sebelum awal periode menstruasi. Nyeri payudara ini biasanya berhenti setelah menstruasi di hari pertama.

Penyebab nyeri payudara ini terjadi karena peningkatan estrogen dan progesteron tepat sebelum menstruasi. Hormon-hormon itulah yang menyebabkan payudara membengkak dan dapat menyebabkan nyeri.

Namun, ada pula penyebab lain nyeri payudara di luar siklus haid. Ada beberapa yang normal, tetapi ada pula yang perlu diwaspadai. Apa saja? 


Berikut penyebab nyeri payudara di luar siklus haid, seperti dirangkum dari Hopkins Medicine, Kamis (7/7/2022).

1. Cedera payudara

Seperti bagian tubuh lainnya, payudara juga bisa terluka atau cedera. Ini bisa terjadi karena kecelakaan, misalnya saat berolahraga atau dari operasi payudara. Ketika ini terjadi, Anda  mungkin merasakan sakit yang tajam dan menusuk. Kunjungi dokter bila Anda merasakan pembengkakan yang parah, benjolan di payudara, kemerahan, dan memar yang tak kunjung hilang.

2. Hamil dan menyusui

Hamil dan menyusui juga bisa menjadi penyebab nyeri payudara di luar siklus haid. Jangan panik bila payudara nyeri saat menyusui. Sebaiknya, coba bicarakan dengan dokter atau konsultan laktasi Anda. Mereka dapat membantu Anda memecahkan masalah sambil mempertahankan suplai ASI Anda.

Editor : Elvira Anna

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda