Peneliti Ungkap Metode Kurangi Risiko Kesehatan akibat Rokok

Vien Dimyati ยท Sabtu, 05 Desember 2020 - 21:46:00 WIB
Peneliti Ungkap Metode Kurangi Risiko Kesehatan akibat Rokok
Kurangi risiko kesehatan akibat rokok (Foto: Tctmd)

JAKARTA, iNews.id - Banyak penelitian yang mengungkap jika rokok memiliki dampak negatif bagi kesehatan tubuh. Salah satu penyakit yang kerap diderita oleh perokok adalah asma infeksi paru-paru, kanker mulut, jantung, stroke, dan lainnya.

Untuk mengurangi bahaya akibat rokok, dibutuhkan inovasi, yaitu dengan menggunakan konsep pengurangan bahaya (harm reduction). Konsep ini telah diterapkan pada produk tembakau alternatif, salah satunya adalah produk tembakau yang dipanaskan (heated tobacco product).

Konsep tersebut dapat menjadi solusi atas permasalahan rokok di Indonesia yang telah dipahami memiliki risiko tinggi bagi perokok dan sekitarnya. 

Berdasarkan hasil tinjauan literatur sistematis yang dilakukan Universitas Airlangga (UNAIR), produk tembakau yang dipanaskan menghasilkan zat berbahaya yang lebih rendah dibandingkan rokok. Metode yang dilakukan secara objektif ini ditujukan untuk menganalisa dari aspek toksikologi produk tembakau yang dipanaskan, yang mulai banyak beredar di masyarakat.

Editor : Vien Dimyati