Perundungan di Medsos Bisa Menurunkan Prestasi Anak, Orang Tua Perlu Bijak Keamanan Internet

Dyah Ayu Pamela ยท Sabtu, 12 Juni 2021 - 13:04:00 WIB
Perundungan di Medsos Bisa Menurunkan Prestasi Anak, Orang Tua Perlu Bijak Keamanan Internet
Perundungan digital bisa membawa anak pada penurunan prestasi belajar. (Foto: laya healthcare)

JAKARTA, iNews.id - Kecakapan dalam menggunakan internet dan media digital bukan hanya tentang penguasaan teknologinya saja. Namun bagaimana masyarakat mampu menggunakan media digital dengan penuh tanggung jawab.

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya saat meluncurkan Gerakan Nasional Literasi Digital mengungkapkan di antara pengguna internet di Indonesia yang semakin tinggi, saat ini kejahatan di ruang digital pun ikut mengkhawatirkan. 

“Tantangan di ruang digital semakin besar dengan adanya konten-konten negatif, kejahatan penipuan daring, perjudian, eksploitasi seksual pada anak, ujaran kebencian, perundungan dan radikalisme berbasis digital,” ujar Presiden Joko Widodo saat membuka program Literasi Digital Nasional belum lama ini. 

Mendasari hal itu, Kementerian Komunikasi dan Informatik bekerja sama dengan Siberkreasi menggelar acara webinar Literasi Digital secara menyeluruh di tiap kota/kabupaten di seluruh Indonesia. Kegiatan bertujuan membangun wawasan dan pengetahuan terkait literasi digital

Nah, di webinar kali ini hadir nara sumber Teguh Juliawan, Kepala Sekolah Trimulya Bandung yang berbagi ilmunya mengenai peran orang tua dalam memberikan ajaran tentang keamanan internet. Teguh mengatakan, mengutip dari beberapa berita yang muncul di media massa anak-anak yang masuk ke medsos saat ini rentan terkena cyber bullying atau perundungan. Sebuah penelitian mengungkap pun sebanyak 41% anak di media sosial mengalami perundungan dengan dampak prestasi menjadi menurun.

Editor : Dyah Ayu Pamela

Halaman : 1 2