Suka Lelah saat Bangun Tidur? Minum Kopi Malam Hari Bisa Jadi Penyebabnya

Okezone ยท Rabu, 18 Maret 2020 - 09:06 WIB
Suka Lelah saat Bangun Tidur? Minum Kopi Malam Hari Bisa Jadi Penyebabnya

Tidur yang berkualitas bisa membuat tubuh sehat. (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id – Tubuh sehat didorong oleh kebiasaan tidur yang cukup. Saat tidur, terjadi regenerasi sel dan perbaikan jaringan. Tubuh akan bekerja memperbaiki otot, organ, dan sel yang rusak.

Hal ini turut didukung dengan adanya bahan kimia pembentuk sistem kekebalan tubuh yang mulai beredar di dalam darah. Aktivitas tersebut yang menjadikan seseorang merasa lebih segar saat bangun tidur. Namun, masih ada beberapa yang mengeluh kelelahan, bahkan pada saat mereka baru saja terbangun dari tidur.

Lantas, apa penyebabnya? Berikut ulasan dari ISleep Spesialis Dr Aparna Gupita yang dilansir dari laman Thehealthsite.

Minum kopi di malam hari

Di dalam kopi, terdapat sebuah zat aktif yang disebut kafein. Kafein adalah stimulan yang bisa membuat Anda terjaga sehingga sulit untuk tidur. Kafein juga memiliki efek diuretik, yang memungkinkan Anda terbangun tengah malam untuk buang air kecil.

Menonton televisi sebelum tidur

Anda tidak akan mendapatkan kualitas tidur yang baik jika menonton televisi sebelum tidur. Gairah kognitif pra-tidur mengganggu transisi alami tubuh untuk tidur dan waktu yang dibutuhkan untuk sepenuhnya.

Grinding gigi saat tidur

Menggrinding atau menggiling gigi mungkin bisa mengganggu kualitas tidur Anda. Pasalnya, aktivitas seperti ini akan menghalangi saluran napas. Hal ini dapat mencegah Anda mendapatkan cukup oksigen, sehingga membuat Anda terbangun di malam hari.

Menelepon sebelum tidur

Cahaya dari smartphone Anda mengandung radiasi. Hal ini dapat mengganggu kemampuan otak untuk menghasilkan melatonin yang memproduksi tidur. Akibatnya, Anda akan berjuang keras untuk tertidur.

Berolahraga sebelum tidur

Berolahraga dua atau tiga jam sebelum tidur dapat mengacaukan siklus tidur Anda. Pasalnya, hal ini dapat meningkatkan kortisol dan mengurangi melatonin sehingga membuat Anda butuh usaha ekstra agar bisa tertidur. Demikian dikutip dari Okezone, Rabu (18/3/2020).

Editor : Tuty Ocktaviany