Tangkal Stroke, Ikuti 4 Cara Jalani Pola Hidup Sehat

Siska Permata Sari ยท Kamis, 26 Oktober 2017 - 20:55:00 WIB
 Tangkal Stroke, Ikuti 4 Cara Jalani Pola Hidup Sehat
Olahraga teratur menjadi salah satu cara terbaik untuk mencegah berbagai macam penyakit, termasuk stroke. (Foto: YouTube)

JAKARTA, iNews.id – Setelah jantung iskemik, stroke menjadi penyakit paling mematikan di dunia. Sebelum terlambat kena stroke, Anda saatnya menjalani pola hidup sehat dari sekarang.

Menjalani pola hidup sehat memang tidak mudah. Banyak yang harus dikorbankan, seperti menghindari makan-makanan enak,
mengurangi rokok bagi pecandu rokok, dan berolahraga secara teratur. Namun, menjaga pola hidup yang sehat inilah kunci bagi Anda tidak terserang penyakit ringan dan berbahaya seperti jantung dan stroke.

Pola hidup sehat juga menghindari Anda dari obesitas, hipertensi, dan diabetes, tiga pemicu dua penyakit mematikan tersebut. Nah, bagaimana memulai pola hidup sehat sebagai bentuk pencegahan yang efektif untuk menangkal stroke?

Berikut pemaparannya, sebagaimana iNews.id rangkum dari penjabaran Direktur Pencegahan
dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) dr. Lily S. Sulistyowati, MM dalam diskusi di acara Peringatan Hari Stroke Sedunia 2017 di Gedung Ditjen P2P, Jakarta, Rabu 25 Oktober 2017.

Cek Kesehatan Berkala

Stroke tak hanya menyerang masyarakat dalam kelompok umur 50 tahun ke atas saja. Faktanya, beberapa kasus stroke ditemui dari orang berusia 40 tahun ke bawah. Oleh sebab itu, pentingnya mengecek kesehatan secara berkala di rumah sakit. Misalnya, cek gula darah dan hipertensi setiap tiga bulan
sekali.

Olahraga Teratur

Kurangnya aktivitas tubuh juga berpengaruh pada kesehatan. Hati-hati, jarang olahraga bisa membuat Anda berisiko terkena serangan jantung dan stroke. Dengan demikian, mengatur waktu untuk berolahraga secara rutin mulai bisa diterapkan dari sekarang.

Hindari Stres

Stres menjadi salah satu faktor seseorang mengalami stres. Pasalnya, stres sangat berkaitan dengan kinerja otak Anda. Maka, cobalah untuk mencari upaya dalam menghindari stres. Misalnya, tidur cukup waktu, mencari sarana hiburan, atau relaksasi.

Perhatikan Pola Makan

Ini dia akar segala obesitas, diabetes, dan hipertensi. Anda harus memperhatikan pola makan jika tidak menginginkan tiga hal tersebut singgah di tubuh. Seimbangkan antara konsumsi protein dan karbohidrat. Misalnya, protein bisa didapatkan dari ikan-ikanan. Perbanyak juga makan sayur-sayuran dan buah-buahan. Kemudian untuk mencegah hipertensi, Anda harus bijak memilih makanan yang ingin dikonsumsi dengan mencukupi kebutuhan tubuh.

Mencukupi kebutuhan tubuh bukan berarti melebihkannya. Dalam satu hari, tubuh kita hanya membutuhkan empat sendok makan gula, lima sendok makan minyak goreng, dan garam satu sendok teh saja.

Selamat mencoba!

Editor : Tuty Ocktaviany