Terus Galakkan Pencegahan Covid-19, Menkes Budi Minta Vaksinasi Wajib kepada Anak Tetap Berjalan

Leonardus Selwyn ยท Sabtu, 30 Januari 2021 - 11:47:00 WIB
Terus Galakkan Pencegahan Covid-19, Menkes Budi Minta Vaksinasi Wajib kepada Anak Tetap Berjalan
Menkes Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id – Sederet langkah terus digalakkan pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Tanah Air. Pemerintah pun gencar mengupayakan proses vaksinasi Covid-19 bagi 181.554.465 penduduk yang dijadwalkan hingga Maret 2022. 

Proses vaksinasi ini sebagai upaya dalam menciptakan kekebalan kelompok atau herd immunity sebagai langkah memutus mata rantai penularan Covid-19 di Tanah Air. Saat ini Indonesia telah mendapatkan tiga juta dosis vaksin, serta 15 juta bahan baku vaksin dari Sinovac. Nantinya bahan baku ini akan diproduksi menjadi 12 juta vaksin Sinovac yang diperkirakan akan selesai di minggu kedua Februari 2021. 

Selain itu, pemerintah juga berhasil melakukan kesepakatan untuk mendatangkan 15 juta dosis vaksin Sinovac lagi pada Maret 2021. Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan, alur distribusi yang saat ini sedang dilakukan adalah pengiriman tiga juta vaksin ke seluruh Indonesia untuk tenkes. Proses pengiriman sudah dilakukan pada 3 Januari 2021 malam dan selanjutnya dikirim pada akhir minggu kedua Januari 2021 sebanyak 1,8 juta.  

“Pengiriman dibantu oleh aparat TNI dan Polri, juga dibantu oleh pemerintah daerah di level provinsi, serta pemerintah di level kotamadya dan kabupaten. Memang yang dialami saat ini adalah kapasitas penampungan vaksin yang pas atau mepet. Karena setiap tahunnya Indonesia juga harus melakukan vaksinasi kepada 170 juta anak,” ucap Menkes Budi, dalam Webinar ‘Vaksin Covid-19 untuk Indonesia Bangkit’ yang disiarkan langsung oleh MNC Portal Indonesia, Sabtu (30/1/2021). 

Editor : Tuty Ocktaviany

Halaman : 1 2