Tips Mudah agar Berat Badan Ideal dan Cegah Penyakit Tak Menular

Siska Permata Sari ยท Kamis, 04 Juli 2019 - 08:29 WIB
Tips Mudah agar Berat Badan Ideal dan Cegah Penyakit Tak Menular

Olahraga bisa membantu menjaga berat badan tetap ideal. (Foto: Coach.nine)

JAKARTA, iNews.id - Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam European Heart Journal menunjukkan, cara seseorang mempertahankan lemak lebih penting daripada mengurangi banyak lemak untuk menurunkan berat badan. Cara mempertahankan berat badan yang ideal tersebut, diyakini dapat mengurangi risiko penyakit-penyakit tak menular (PTM) berbahaya.

Menurut penelitian tersebut, mempertahankan berat badan yang ideal dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti jantung. Dokter spesialis Harvard dan spesialis kedokteran integratif Robert Graham, MD, MPH mengatakan, ada cara khusus agar tubuh tetap ideal sekaligus sehat.

Adalah menerapkan pola makan sehat dan mengurangi makanan-makanan yang berpotensi menimbun lemak jenuh. Bagaimana caranya? Mari simak informasinya seperti dirangkum iNews.id dari Mind Body Green, Kamis (3/7/2019).

Pilih Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat kompleks seperti ubi jalar, gandum, dan kacang-kacangan dicerna lebih lambat, sehingga insulin tidak melonjak dengan cara yang tidak sehat. Selain itu dengan karbohidrat kompleks, tingkat insulin Anda tetap stabil, sehingga mengurangi penyimpanan lemak di sekitar tengah.

Mengelola Stres

Hormon stres yaitu kortisol, ternyata dapat menambah lemak di perut Anda. Beberapa penelitian menemukan bahwa lemak di perut adalah hormon, bukan makanan.

Olahraga

Minimal 30 menit olahraga sehari, dapat meningkatkan intensitas untuk berkeringat dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Tidur yang Cukup

Pastikan Anda tidur setidaknya enam hingga delapan jam setiap malam. Sebab, kurang dari enam jam untuk tidur telah dikaitkan dengan penambahan lemak dan komplikasi kardio-metabolik lainnya.


Editor : Tuty Ocktaviany