Vaksin Covid-19 Apa Saja yang Boleh Diberikan pada Lansia? Ini Kata Menkes Budi Gunadi

Siska Permata Sari ยท Minggu, 07 Februari 2021 - 21:22:00 WIB
Vaksin Covid-19 Apa Saja yang Boleh Diberikan pada Lansia? Ini Kata Menkes Budi Gunadi
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (Foto: BNPB)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan, penggunaan vaksin Covid-19 Sinovac untuk kalangan lanjut usia telah diperbolehkan. Hal ini mengacu persetujuan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) per 5 Februari 2021.

Dia mengatakan, pemberian vaksin Covid-19 untuk lansia akan dimulai besok, 8 Februari 2021, pukul 09.00 WIB. 

“Mulai besok, hari Senin jam 09.00, vaksinasi untuk orang-orang di atas 60 tahun bisa kita mulai. Dengan prioritas pertama adalah tenaga kesehatan dengan usia di atas 60 tahun,” ujarnya saat temu media virtual pada Minggu (7/2/2021).

Menkes Budi menjelaskan, pemberian vaksin pada lansia juga dilakukan di luar negeri untuk menghindari gejala parah bagi lansia yang terpapar Covid-19. “Kalau di luar negeri, tahapan penyuntikannya setelah tenaga kesehatan adalah orangtua,” katanya.

“Mengapa orangtua, karena memang mereka risikonya tinggi, risiko untuk menjadi fatal kalau terkena Covid-19,” tuturnya. 

Dia memaparkan, dari semua kasus positif Covid-19 di Indonesia, 10 persennya adalah lansia. Meski demikian, angka kematiannya mencapai 50 persen.

“Jadi bisa dibayangkan, dari orang Indonesia yang terkena Covid-19, sekarang sekitar satu jutaan lebih, itu 10 persennya lansia. Tetapi dari populasi yang sudah meninggal, 50 persennya lansia. Itu menunjukkan kalau memang lansia ini risikonya lebih tinggi,” kata dia.

Editor : Tuty Ocktaviany

Halaman : 1 2