Mengenal Husein Mutahar, Pencipta Lagu Hari Merdeka dan Penggagas Paskibraka

Siska Permata Sari ยท Senin, 16 Agustus 2021 - 15:59:00 WIB
Mengenal Husein Mutahar, Pencipta Lagu Hari Merdeka dan Penggagas Paskibraka
Hari Merdeka merupakan lagu ciptaan komponis musik Indonesia sekaligus negarawan bernama Husein Mutahar. (Foto: Dok Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Siapa yang tak kenal dengan lagu Hari Merdeka. Liriknya yang menggelora sudah diajarkan para guru sejak duduk di bangku sekolah dasar (SD). Lagu ini selalu dikumandangkan pada saat perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia setiap tanggal 17 Agustus

“Tujuh belas Agustus tahun empat lima. Itulah hari kemerdekaan kita. Hari merdeka nusa dan bangsa. Hari lahirnya bangsa Indonesia, Mer-de-ka,” demikian sepenggal lirik lagu Hari Merdeka.

Hari Merdeka merupakan lagu ciptaan komponis musik Indonesia sekaligus negarawan bernama Sayyid Muhammad Husein bin Salim bin Ahmad bin Salim bin Ahmad al-Muthahar atau lebih dikenal dengan nama Husein Mutahar.

Pencipta lagu-lagu perjuangan Indonesia ini lahir di Kota Semarang pada 5 Agustus 1916. Melansir dari situs Encyclopedia Jakarta, Senin (16/8/2021), Husein Mutahar terkenal sebagai spesialis musik himne.

Ada kisah unik pula di balik penciptaan lagu Hari Merdeka. Diketahui, lagu Hari Merdeka tersebut diciptakan di toilet sebuah hotel di Yogyakarta, yakni Hotel Garuda Yogyakarta. Saat itu, Husein Mutahar satu kamar dengan Hugeng, yang kemudian menjadi Kepala Polri. 

Keduanya ketika itu bersama mengawal Bung Karno. Diceritakan dalam situs tersebut, Hugeng saat itu kebingungan mencari kertas dan pulpen untuk Mutahar karena dia tergopoh-gopoh hendak menuangkan gagasannya ke atas kertas.

Selain Hari Merdeka (1946), Husein Mutahar telah menciptakan hampir seratus lagu. Di antaranya yang populer adalah himne Syukur (1944), dan karya terakhirnya, Dirgahayu Indonesiaku, yang diterima sebagai lagu resmi peringatan 50 tahun Indonesia Merdeka.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: