25 Hadits Kata Mutiara Islami Penyejuk Hati dan Jiwa, Berisi Motivasi Hidup, Agama, dan Cinta

Rilo Pambudi ยท Selasa, 09 Agustus 2022 - 20:06:00 WIB
25 Hadits Kata Mutiara Islami Penyejuk Hati dan Jiwa, Berisi Motivasi Hidup, Agama, dan Cinta
Hadits Kata Mutiara Islami Penyejuk Hati dan Jiwa (Foto: Pixabay)

JAKARTA, iNews.id - Kumpulan hadits kata mutiara islami penyejuk hati dan jiwa berikut ini dapat menjadi inspirasi yang menentramkan batin.

Menyimak hadits akan membuat seorang muslim meneladani perjalanan kehidupan bersahaja Nabi Muhammad SAW. Pembawa agama sempurna untuk umat itu dikenal sebagai manusia pilihan yang mempunyai akhlaknya mulia dan begitu santun tutur katanya. 

Berikut ini beberapa kata mutiara islam penyejuk hati dari hadits Nabi yang memuat banyak pesan nasehat dan motivasi. Artikel ini merupakan kelanjutan dari kumpulan Kata Mutiara Islam Penyejuk Hati dari Hadits Nabi bagian pertama.

Tantangan manusia dalam menjalani kehidupan memang tidak selalu berjalan indah. Masalah-masalah terkadang hadir menjadi penghias dan acap kali membuat seseorang ingin menyerah.

Menjadi seorang Muslim, beruntungnya memiliki cara tersendiri dalam menghadapi masalah. Berdoa dan memohon pada Allah Yang Maha Kuasa menjadi hal utama untuk terus melanjutkan hidup sebaik-baiknya sebagai manusia.

Selain berdoa, seorang muslim tidak mestinya tidak kekurangan motivasi dan semangat yang menjadi landasan hidup. Hal itu salah satunya bisa diperoleh dari hadits-hadits mutiara yang bisa dijadikan sebagai penyejuk batin.

Berikut ini adalah kumpulan hadits kata mutiara islami penyejuk hati dan jiwa yang dikutip iNews.id dari berbagai sumber, Selasa (9/8/2022).

25 Hadits Kata Mutiara Islami Penyejuk Hati dan Jiwa

1."Ukuran kekuatan seseorang itu bukan dengan bergulat, melainkan orang yang kuat adalah orang yang dapat menahan hawa nafsunya pada waktu marah." (HR.Bukhari dan Muslim)

2."Buat mudah dan jangan dibuat sulit serta berikanlah kesenangan dan jangan dirisaukan." (HR.Bukhari dan Muslim)

3."Sederhanalah kamu dan tetap beramal. Menciptakanlah bahwa tidak seorangpun yang dapat selamat kecuali kecuali pada amal perbuatan nya." (HR.Muslim)

4."Sebaik-baik islam seseorang adalah yang meninggalkan sesuatu yang bukan kepentinganya." (HR. at-Tirmidzi)

5."Perbanyaklah engkau melakukan sujud, sesungguhnya tidak ada sujud yang melakukan satu kali melainkan mengangkat satu derajat dan menghapuskan dari kamu satu dosa." (HR.Muslim)

6."Barangsiapa yang menahan amarah, padahal ia bisa melupakannya maka kelak pada hari Kiamat Allah akan memanggilnya di depan semua makhluk-Nya, kemudian memilih bidadari sekehendaknya." (HR. Abu Dawud dan at-Tirmidzi)

7."Setiap nikmat merupakan sedekah." (HR.Bukhari)

8."Jihad yang paling utama adalah perkataan yang benar-benar diucapkan kepada raja yang kejam." (HR. Abu Dawud dan at-Tirmidzi)

9."Seorang mukmin yang satu dengan mukmin yang lainnya bagaikan satu bangunan yang saling menguatkan satu sama lain." (HR.Bukhari dan Muslim)

10."Tidak ada seseorang yang menutupi kejelekan orang di dalamnya melainkan Allah untuk menutupi kejelekannya di akhirat." (HR.Muslim)

11."Tidak ada pezina yang di saat berzina dalam keadaan beriman. Tidak ada pencuri yang di saat mencuri dalam keadaan beriman. Begitu pula tidak ada peminum arak di saat meminum dalam keadaan beriman." (HR. Muslim)

12."Seorang mukmin bukanlah pengumpat, pengutuk, berkata keji atau berkata buruk." (HR. Bukhari)

13."Pangkal seluruh perkara adalah islam, dan pilarnya adalah shalat." (HR. Ahmad)

14."Seseorang yang tidak ada sedikitpun alquran di dalam hatinya adalah seperti rumah kosong." (HR. Tirmidzi)

15."Sesungguhnya Allah SWT tidak memandang kepada tubuhmu dan bentuk rupamu, tetapi Dia memandang hatimu." (HR. Muslim)

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda