5 Fenomena Alam yang Telah Dijelaskan dalam Al Quran, Salah Satunya tentang Tumbuhan Bertasbih

Ami Heppy S · Selasa, 28 Juni 2022 - 20:41:00 WIB
5 Fenomena Alam yang Telah Dijelaskan dalam Al Quran, Salah Satunya tentang Tumbuhan Bertasbih
Fenomena Alam yang Telah Dijelaskan dalam Al Quran (Foto: Twenty20photos)

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak fenomena alam yang telah dijelaskan dalam Al Quran. Jauh sebelum ilmu pengetahuan meneliti fenomena-fenomena tersebut, Al Quran sudah menuliskannya.


Berikut ini lima fenomena alam yang telah dijelaskan dalam Al Quran. Apa saja?

Fenomena Alam yang Telah Dijelaskan dalam Al Quran

1. Sungai di Dasar Laut

Sungai di bawah laut merupakan fenomena alam dimana terdapat sungai dengan karakteristik air tawar di dalam laut yang memiliki air asin.

Fenomena alam ini pertama kali ditemukan oleh pakar oceanografi asal Prancis bernama Yves Costeau. Sungai di bawah laut ini diberi nama Cenote Angelita yang berada di Meksiko.

Fenomena sungai di dasar laut ini dijelaskan dalam Al Quran surah Al-Furqan ayat 53 menjelaskan fenomena ini. "Dan Dialah (Allah) yang membiarkan dua laut mengalir (berdampingan), yang satu tawar dan segar dan yang lainnya asin. Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang tidak tembus." (QS. Al-Furqan: 53)

2. Pertemuan Dua Air Laut yang Tidak Menyatu

Fenomena alam yang telah dijelaskan dalam Al Quran selanjutnya adalah tentang dua laut yang bertemu namun keduanya tidak menyatu. 

Fenomena ini terjadi di Selat Gibraltar yang menghubungkan Lautan Mediterania dan Samudra Atlantik. Dalam Al Quran, fenomena ini dijelaskan dalam surah Ar-Rahman ayat 19-20 yang artinya:  "Dia membiarkan dua lautan mengalir yang keduanya kemudian bertemu. Antara keduanya ada batas yang tidak dilampaui masing-masing." (QS. Ar-Rahman: 19-20).

3. Hujan

Proses terbentuknya hujan mungkin sudah kita pelajari sejak masih di sekolah dasar. Namun, jauh sebelum ilmu pengetahuan mengemukakan teori terbentuknya hujan, di dalam Al Quran surah Ar-Rum ayat 48-49 sudah menjelaskan fenomena alam ini.

"Allah, Dialah yang mengirim angin, lalu angin itu menggerakkan awan dan Allah membentangkannya di langit menurut yang dikehendaki-Nya, dan menjadikannya bergumpal-gumpal, lalu kamu lihat hujan keluar dari celah-celahnya, maka apabila hujan itu turun mengenai hamba-hamba-Nya yang dikehendaki-Nya, tiba-tiba mereka menjadi gembira. Dan sesungguhnya sebelum hujan diturunkan kepada mereka, mereka benar-benar telah berputus asa." (QS. Ar-Rum ayat 48-49).

4. Api di Dasar Laut

Sebuah penelitian tentang kerak bumi yang ada di dasar laut menemukan api yang diakibatkan adanya lava cair yang disertai abu vulkanik seperti gunung berapi.

Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam Al Quran surah At-Tur ayat 6 yang artinya: “Dan laut yang di dalam tanahnya ada api.”

5. Tumbuhan Bertasbih

Pada 1981, terbit Journal of Plant Molecular Biologies yang mengungkapkan hasil penelitian yang dipimpin oleh seorang profesor bidang ilmu biologi bernama William Brown. 

Penelitian tersebut tentang suara halus yang dikeluarkan oleh tumbuhan yang tidak bisa didengar oleh telinga manusia (ultrasonik). Suara tersebut terus berulang lebih dari 1000 kali tiap detiknya. 

Dengan teknologi yang sangat canggih, getaran ultrasonik tersebut dapat dibaca dan dipahami. Seorang peneliti muslim India mengatakan bahwa temuan tersebut sesuai dengan apa yang termaktub Al Quran Surah AL Isra ayat 44, yang artinya:
“Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tak ada suatupun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun.”

Itulah banyak fenomena alam yang telah dijelaskan dalam Al Quran.

Editor : Komaruddin Bagja

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda