Mukjizat Nabi Harun, Rekan Nabi Musa dalam Berdakwah kepada Fir’aun dan Bani Israil

Inas Rifqia Lainufar · Senin, 06 Juni 2022 - 21:03:00 WIB
Mukjizat Nabi Harun, Rekan Nabi Musa dalam Berdakwah kepada Fir’aun dan Bani Israil
Mukjizat Nabi Harun (Foto: Youtube Anak Muslim)

JAKARTA, iNews.id -  Apa saja mukjizat Nabi Harun? Sebagai seorang utusan Allah,  Nabi Harun dikaruniai berbagai kelebihan yang sulit dinalar oleh akal manusia biasa.

Nabi Harun mulai diangkat menjadi nabi pada tahun 1450 SM untuk bersama-sama menyebarkan kebenaran kitab Taurat bersama Nabi Musa. Nabi Harun dan Nabi Musa bagaikan tim yang baik dalam berdakwah karena saling melengkapi kekurangan masing-masing.

Berikut ini adalah beberapa mukjizat milik Nabi Harun yang dirangkum oleh iNews.id (27/05/2022).

Mukjizat Nabi Harun

1. Pandai berbicara

Sebagaimana yang telah dikisahkan, Nabi Musa pernah menelan bara api saat masih kecil hingga membuatnya tidak bisa berbicara dengan jelas. Maka dari itu, dijadikanlah Nabi Harun sebagai rekan Nabi Musa dalam berdakwah karena kefasihannya dalam berbicara.

Nabi Harun yang juga begitu pandai berdebat dianggap mampu menyampaikan kalam Allah SWT kepada Raja Fir’aun dan Bani Israil.Diangkatnya Nabi Harun menjadi seorang utusan Allah SWT merupakan permintaan Nabi Musa.

Hal tersebut telah tertulis dalam Al-Quran, “Dan jadikanlah untukku seorang pembantu dari keluargaku (yaitu) Harun saudaraku. Teguhkanlah dengan dia kekuatanku, dan jadikanlah dia sekutuku dalam urusanku.” (QS. Thaha: 29-32).

"Dan Kami telah menganugerahkan kepadanya sebagian rahmat Kami, yaitu saudaranya, Harun menjadi seorang nabi." (QS. Maryam: 53).

2. Tongkatnya berbunga dan bertunas

Suatu hari, Nabi Musa harus menjalankan saum selama 40 hari untuk meminta kitab suci kepada Allah. Melihat Bani Israil akan ditinggalkan untuk sementara, maka terjadilah pemilihan pemimpin yang dapat menggantikan peran Nabi Musa.

Untuk menentukan sosok pemimpin, semua pimpinan suku Bani Israil dan Nabi Harun harus meletakkan tongkatnya pada tempat suci. Tujuannya untuk melihat tongkat siapa yang akan mengalami periubahan sehingga dialah yang patut menjadi pemimpin Bani Israil.

Dengan izin Allah SWT, tongkat Nabi Harun lah yang berubah menjadi berbunga dan bertunas. Dengan demikian, Nabi Harun yang diangkat menjadi pemimpin Bani Israil. Selama memimpin, Nabi Harun diperintahkan Nabi Musa untuk menjaga Bani Israil agar tidak menyekutukan Allah SWT dengan sebuah patung lembu.

3. Ikut menyeberangi Laut Merah

Sebagai rekan Nabi Musa, Nabi Harun juga dianugerahi mukjizat dari Allah SWT untuk menyeberangi Laut Merah menghindari kejaran Raja Fir’aun dan pasukannya. Suatu hari, Nabi Harun diminta menemani Nabi Musa untuk menghadap Raja Fir’aun guna menyampaikan kitab Taurat.

Namun Raja Fir’aun yang menolak kebenaran ajaran Allah SWT justru begitu murka dan mengusir Nabi Harun dan Nabi Musa keluar dari Mesir. Keduanya juga diancam dan ditakut-takiuti untuk dibunuh sehingga Nabi Harun dan Nabi Musa beserta rombongan orang-orang yang beriman berlarian menghindari kejaran Raja Fir’aun.

Sesampainya di Laut Merah, Nabi Musa pun berhasil membelahnya dengan tongkat yang ia miliki agar menjadi jalan bagi rombongannya. Nabi Harun yang beriman kepada Allah SWT turut mendapat kemudahan menyeberangi Laut Merah mendampingi Nabi Musa untuk menghindari pasukan Raja Fir’aun.

Itulah mukjizat Nabi Harun yang diperoleh dari Allah untuk menjadi rekan berdakwah Nabi Musa. Wallahu a’lam bisshawab.

Editor : Komaruddin Bagja

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda