Ilmu Tajwid

Hukum Bacaan Alif Lam Syamsiah Disertai Contoh dan Artinya

Kastolani · Jumat, 19 Februari 2021 - 00:15:00 WIB
Hukum Bacaan Alif Lam Syamsiah Disertai Contoh dan Artinya
Muslim dianjurkan rutin membaca Alquran. (Foto: SINDOnews)

JAKARTA, iNews.id - Hukum bacaan alif lam syamsiah penting diketahui Muslim dalam membaca Alquran agar benar dan baik. Alif lam syamsiah dalam ilmu tajwid juga sering disebut dengan istilah Idgham Syamsiah yaitu bagian dari hukum Alif Lam Ta’rif yang berlaku ketika ada huruf Alif-Lam ( ال ) ketemu dengan satu dari 14 (empat belas) huruf hijaiyah. 

Ke-14 huruf hijaiyah yang masuk dalam huruf alif lam syamsiah yakni, ن , ل , ظ , ط , ض , ص , ش , س , ز , ر , ذ , د , ث , ت

Dikutip dari ilmutajwid.id, Syamsiah berasal dari kata syams, yang artinya adalah matahari. Dalam kitab Alquran,  sifat-sifat dari Hukum Alif Lam Syamsiah tersebut berada dalam Tanda Tasydid yang terletak di atas huruf Syamsiah, yaitu tanda tasydid yang diberikan sebab terjadinya suatu hukum pertemuan antara huruf hijaiyah Alif-Lam dan Huruf Syamsiah.

Ada 4 hal yang harus sangat diperhatikan pada saat membaca Hukum Alif Lam Syamsiah yaitu :

1. Bila terletak pada awal ayat atau sering disebut dengan istilah Ibtida’ [memulai lagi bacaan sesudah waqaf / berhenti), maka cara membacanya adalah huruf Alif dibaca seperti huruf yang berharakat Fathah. Sementara itu, untuk huruf Lam tak dibaca [seperti tidak ada, sebab sudah melebur ke huruf Syamsiah atau dibaca dengan idgham. Cara membaca seperti ini tetaplah berlaku meskipun di atas huruf Syamsiah tersebut tidak terdapat tanda tasydidnya.

Contoh : الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِۙ

Dibaca Arrahmaanirrakhiimi bukan al rahmaanil rakhiimi.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2 3