Hikmah

3 Amalan yang Paling Dicintai Allah, Muslim Wajib Mengamalkannya

Kastolani · Rabu, 07 Juli 2021 - 15:29:00 WIB
3 Amalan yang Paling Dicintai Allah, Muslim Wajib Mengamalkannya
Sholat pada waktunya merupakan amalan yang paling dicintai Allah. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Tiga amalan yang paling dicintai Allah dalam Islam yakni sholat pada waktunya, jihad fii sabilillah, dan berbakti kepada orang tua yakni ibu dan bapak yang telah melahirkan, mendidik serta membesarkan.

Ketiga amalan utama tersebut disebutkan dalam hadist Nabi SAW yang diriwayatkan Ibnu Mas'ud.

عَنْ ابْنِ مَسْعُودٍ، قَالَ: سَأَلْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَيُّ الْعَمَلِ أفضل؟ قال: «الصلاة في وَقْتِهَا» . قُلْتُ: ثُمَّ أَيٌّ؟ قَالَ: «الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ» . قُلْتُ: ثُمَّ أَيٌّ؟ قَالَ «بِرُّ الْوَالِدَيْنِ» ، قَالَ: حَدَّثَنِي بِهِنَّ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وسلم ولو استزدته لزادني
326-383.

Dari Abdullah bin Mas'ud, ia berkata, "Aku bertanya kepada Rasulullah SAW, "Apakah amal perbuatan yang paling utama?" Rasulullah SAW menjawab, "Melaksanakan shalat pada waktunya." Kemudian aku bertanya, "Lalu apa lagi?" Rasulullah SAW menjawab, "Berjihad di jalan Allah." Aku bertanya lagi, "Kemudian apa?" Rasulullah SAW menjawab, "Berbakti kepada kedua orang tua." Ia berkata, "Demikianlah Rasulullah SAW menyebutkannya kepadaku, andai aku menambah pertanyaan, niscaya Rasulullah SAW menambahkannya."

Dalam hadits lain disebutkan mengenai keutamaan berbakti kepada orang tua.

عَنِ ابْنِ مَسْعُودٍ، قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، أَيُّ الْعَمَلِ أَفْضَلُ؟ قَالَ: "الصَّلَاةُ عَلَى وَقْتِهَا". قُلْتُ: ثُمَّ أَيٌّ؟ قَالَ: " بِرُّ الْوَالِدَيْنِ ". قُلْتُ: ثُمَّ أَيٌّ؟ قَالَ: "الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ" 81-138.

Dari Ibnu Mas'ud, dia berkata, Aku berkata, "Wahai Rasulullah, amal apakah yang paling utama?" Beliau menjawab, " Shalat pada waktunya ." Aku berkata, "Lalu apa?" Beliau menjawab, " Berbakti kepada kedua orang tua .” Aku berkata, "Lalu apa?" Beliau menjawab, " Berjihad di jalan Allah ." Shahih: Al Bukhari (527) dan Muslim (85).

Berikut tiga amalan yang paling dicintai Allah SWT:

1. Sholat Pada Waktunya

Dari hadits tersebut di atas jelas disebutkan amalan yang paling dicintai Allah pada urutan pertama yakni sholat pada waktunya. Sebagian ulama menyebutkan mengerjakan sholat tepat pada waktunya paling utama yakni ketika mendengar suara adzan lalu segera mengambil air wudhu dan berangkat ke masjid atau mushalla untuk menunaikan sholat berjamaah. 

Mengerjakan sholat tepat waktu juga memiliki keutamaan yakni terhindar dari sifat lalai dan munafik.

Allah SWT berfirman:

الَّذِيْنَ هُمْ عَنْ صَلَاتِهِمْ سَاهُوْنَۙ

(yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya. (QS. Al Ma'un: 5).

Yaitu mereka yang sudah berkewajiban mengerjakan shalat dan menetapinya, kemudian mereka melalaikannya. Hal ini adakalanya mengandung pengertian tidak mengerjakannya sama sekali, menurut pendapat Ibnu Abbas, atau mengerjakannya bukan pada waktu yang telah ditetapkan baginya menurut syara; bahkan mengerjakannya di luar waktunya.

Editor : Kastolani Marzuki