Hikmah

Ayat Alquran tentang Jodoh Latin & Artinya, Bekal Memilih Pasangan serta Doanya

Kastolani · Sabtu, 13 November 2021 - 07:35:00 WIB
Ayat Alquran tentang Jodoh Latin & Artinya, Bekal Memilih Pasangan serta Doanya
Ayat Alquran tentang Jodoh latin dan artinya yang perlu diketahui dan diamalkan muslim. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Ayat Alquran tentang Jodoh berisikan isyarat  bagi seseorang yang hingga kini belum menemukan jodoh atau pasangan hidupnya.

Dalam Alquran, banyak disebutkan ayat mengenai pasangan hidup atau jodoh di antaranya Surat An Nur ayat 26 dan 33. Selain itu, Surat An Nahl ayat 72, Surat Asy Syura ayat 11, Surat Al Furqan ayat 74, dan Surat Ar Rum ayat 21.

Memilih jodoh atau pasangan hidup memang pekerjaan yang mudah jika hanya mempertimbangkan hasrat seksual. Namun, bila dipikirkan mendalam memilih pasangan hidup atau jodoh dalam hal ini suami maupun istri bukan pekerjaan mudah. 

Mengenai jodoh, Rasulullah SAW memeringatkan umatnya untuk berhati-hati dan tidak sembarangan memilih pasangan hidup.

Diriwayatkan dari Imam Ahmad bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Maka Hendaklah memilih istri yang beragama (Islam) dan berbudi pekerti (yang baik) agar kedua tanganmu (dirimu) selamat. (HR Al Bazzar dan Ibnu Hibban).

Peringatan Rasulullah SAW tersebut bertujuan agar dalam perkawinan tidak hanya mencari kepentingan-kepentingan yang bersifat fisik semata, tetapi terlebih dulu memperhatikan persyaratan keagamaannya. Lantaran dengan agamanya ia dapat membimbing akal dan jiwanya, berlaku sabar dan menyadari tanggung jawab dan haknya untuk menjaga diri. Setelah itu, baru memerhatikan hal-hal yang bersifat fisik dan dunia (kecantikan, keturunan dan harta).

Berikut ayat Alquran tentang jodoh latin & artinya yang bisa direnungkan dalam memilih pasangan hidup:

1. Memberikan Ketenteraman

Ayat Alquran tentang jodoh ini menegaskan bahwa menikah akan memberikan ketentaraman hati.

وَمِنْ اٰيٰتِهٖٓ اَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ اَزْوَاجًا لِّتَسْكُنُوْٓا اِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَّوَدَّةً وَّرَحْمَةً ۗاِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ - ٢١

Latin: Wa min aayaatihi an kholaqo lakum min angfusikum azwaajal litaskunuu ilaihaa wa ja'ala bainakum mawaddataw warakhmah. Inna Fii dzaalika la aayatil liqoumiy yatafakkarun

Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir. (QS. Ar Rum ayat 21).

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda