Hikmah

Ayat Alquran tentang Sabar Tulisan Arab, Latin & Artinya

Kastolani · Minggu, 24 Oktober 2021 - 21:19:00 WIB
Ayat Alquran tentang Sabar Tulisan Arab, Latin & Artinya
Ayat Alquran tentang Sabar mengajarkan Muslim agar menjadikan sifat sabar dalam menjalankan ketaatan maupun ketika ditimpa musibah. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak ayat Alquran tentang Sabar baik dalam ketaatan menjalankan perintah Allah maupun sabar dalam menjauhi larangan-Nya, serta sabar menghadapi ujian yang diberikan.

Sabar merupakan salah satu sifat mulia yang harus dimilik tiap Muslim. Sabar bisa dimaknai dengan menahan diri dalam menanggung sesuatu penderitaan, baik dalam mengahadapi sesuatu yang tidak diinginkan ataupun dalam bentuk kehilangan sesuatu yang disenangi.

Berikut ayat Alquran tentang sabar tulisan Arab, latin & artinya:

وَاسْتَعِيْنُوْا بِالصَّبْرِ وَالصَّلٰوةِۗ وَاِنَّهَا لَكَبِيْرَةٌ اِلَّا عَلَى الْخٰشِعِيْنَۙ

Latin: Wasta'iinuu bish shobri wash sholaat, wa innahaa lakabiiratun illaa 'alal khoosyi'iiin. (QS. Al Baqarah ayat: 45)

Artinya: “Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.” (QS. Al-Baqarah [2]: 45). 

Ayat tersebut memerintahkan agar kita mohon pertolongan dalam menghadapi segala situasi yang berkaitan dengan masalah agama dan dunia mu dengan kesabaran dan shalat yang dapat mendekatkan dan menghubungkan diri mu dengan Allah. Maka Allah akan menolongmu dalam mengatasi setiap kesulitan yang menderamu. 

Pada akhir ayat tersebut Allah Swt menyatakan bahwa sesungguhnya shalat itu benar-benar sulit dan berat kecuali bagi orang-orang yang khusyuk (tunduk dan patuh kepada Rabb mereka). 

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: