Hikmah

Batas Waktu Sholat Isya Sesuai Hadits Nabi SAW

Kastolani · Rabu, 07 April 2021 - 18:52:00 WIB
Batas Waktu Sholat Isya Sesuai Hadits Nabi SAW
Batas waktu sholat isya perlu diketahui Muslim agar mendapat keutamaan. (Foto: ist)

Namun sebaiknya bila melakukan shalat Isya tengah malam tidak dengan tidur terlbih dahulu.

Dari Abi Barzah al-aslami bahwa Rasulullah SAW suka mengakhirkan Isya‘ yang disebutnya ‘atmah, namun beliau tidak suka tidur sebelumnya atau bercakap-cakap sesudahnya. (HR Jamaah).

Dengan adanya dalil-dalil di atas, para ulama menyimpulkan bahwa khusus untuk shalat 'Isya, memang tidak selalu dikerjakan di awal waktu. Namun seringkali Rasulullah SAW dan para sahabat mengerjakannya agak sedikit lebih malam. Namun tetap dilakukan di masjid secara berjamaah. Bukan shalat sendiri-sendiri di rumah. 

Penundaan pelaksanaan shalat terurama untuk shalat isya berjamaah ini tidak menyalahi keutamaan, sebab keutamaan itu datangnya dari Rasulullah SAW juga. Sebab syariat Islami itu sumbernya dari Rasulullah yang tentunya datang dari Allah SWT. 

"Maka kalau kita sekarang ini menjalankan hal yang sebagaimana Nabi SAW lakukan, tentu saja punya nilai tersendiri. Dan memang demikianlah Rasulullah SAW mengajarkan agama kepada kita," katanya dikutip iNews.id, Rabu (7/4/2021).

Keutamaan Sholat Isya

Keutamaan sholat isya terlebih jika dilakukan dengan berjemaah di masjid sangat besar. Sebagaimana disebutkan dalam hadis Nabi SAW:

عَنْ بُرَيْدَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ بَشِّرْ الْمَشَّائِينَ فِي الظُّلَمِ إِلَى الْمَسَاجِدِ بِالنُّورِ التَّامِّ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Dari Buraidah dari dar Nabi shallallahu alaihi wasallam, beliau bersabda: "Berilah kabar gembira bagi orang yang berjalan pada malam gelap gulita menuju masjid (untuk shalat berjamaah) bahwa bagi mereka cahaya yang sempurna pada hari kiamat nanti." (HR. Abu Daud) [No. 561 Baitul Afkar Ad Dauliah] Shahih.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2 3