Belajar dari Muhammad Fauzi, Disabilitas yang Mandiri

PPPA Daarul Qur'an ยท Selasa, 27 April 2021 - 15:03:00 WIB
Belajar dari Muhammad Fauzi, Disabilitas yang Mandiri
Hidup dalam keterbatasan tak membuat Muhammad Fauzi, penyandang disabilitas asal Malang menjadi beban keluarga. (Foto: PPPA Daarul Qur'an).

JAKARTA, iNews.id - Setiap orang tua menginginkan anaknya terlahir dengan sempurna. Begitupula anak-anak, jika diberikan pilihan tentu mereka juga ingin lahir menjadi anak yang sempurna.

Namun, Allah memilihkan jalan hidup yang berbeda untuk Muhammad Fauzi. Ya, Fauzi, panggilan akrabnya, lahir dengan keistimewaan. Lelaki 26 tahun itu memiliki keterbatasan untuk berjalan dan berbicara. 

Sehari-hari, Fauzi beraktivitas menggunakan kursi roda. Kendati demikian, Fauzi juga memiliki semangat kemandirian yang terpancar dari wajah polosnya.

Bersama ibu dan neneknya, Fauzi tinggal di Malang, Jawa Timur. Rintani, ibunya, merupakan orang tua tangguh yang selalu menemani Fauzi hingga anaknya itu tumbuh dengan baik.
 
Bersama keluarganya yang sederhana, Rintani membantu menghidupi kebutuhan sehari-harinya dengan menjadi driver ojek online. Setidaknya, sepekan sekali Rintani mengajak Fauzi berjalan-jalan keluar rumah dengan kursi rodanya agar Fauzi bisa belajar dan menikmati lingkungan baru.

Saat Rintani sibuk bekerja, Fauzi tinggal berdua dengan neneknya yang sudah renta di rumahnya. Namun, Fauzi tetap bisa menjaga sang nenek untuk menyiapkan kebutuhannya sendiri.

“Alhamdulillah, Fauzi sangat mandiri. Dia bisa makan, membuka baju, bahkan mengambilkan dan menyiapkan makanan untuk neneknya yang sakit di rumah, meskipun harus berjalan dengan menggunakan pantat dan tangannya,” tutur Rintani, bercerita kebiasaan baik Fauzi seolah ingin membuktikan bahwa Fauzi anak istimewanya bukan menjadi beban bagi keluarga.

Rintani melanjutkan, jika Fauzi juga diajarkan nilai-nilai agama mengikuti keluarganya. Apabila Rintani sedang melaksanakan sholat, Fauzi mengikuti gerakannya dan ikut mengangkat tangannya ketika berdoa.

Editor : Zen Teguh

Halaman : 1 2