Ilmu Tajwid

Cara Baca Idgham Mutaqaribain Kabir yang Benar

Kastolani · Senin, 11 April 2022 - 16:45:00 WIB
Cara Baca Idgham Mutaqaribain Kabir yang Benar
Cara Baca Idgham Mutaqaribain Kabir yang benar sesuai kaidah ilmu tajwid penting diketahui agar bisa membaca Al Quran dengan baik. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Cara baca Idgham Mutaqaribain Kabir sesuai kaidah ilmu tajwid penting diketahui agar bisa membaca Al Quran dengan benar. Idgham Mutaqaribain Kabir ini merupakan salah satu bagian dari hukum idgham dalam ilmu tajwid.

Dilansir dari Buku Panduan Tajwid Lengkap kelas VIII MTs karangan Aceng Kosim dijelaskan bahwa, idgham menurut bahasa artinya memasukkan atau melebur huruf. 

Menurut istilah idgham berarti pengucapan dua huruf seperti dua huruf yang ditasydidkan. Sedangkan Mutaqaribain artinya berdekatan. Dinamakan kabir (besar) karena terdapat dalam Al Quran dalam jumlah besar dan karena harakat jumlahnya lebih banyak dari sukun.

Idgham mutaqaribain kabir menurut istilah artinya apabila dua huruf bertemu dan keduanya berharakat. 

Dalam Kitab Tuhfatul Athfal dijelaskan : "jika kedua hurufnya berharokat pada semua jenis (Mitslain, Mutaqariain,Mutajanisain) maka disebut dengan Kabir dan fahamilah yang kabir itudengan mengambil contoh (talaqqy)".

Cara Baca Idgham Mutaqaribain yang Benar

Cara baca Idgham Mutaqaribain yang benar sesuai kaidah ilmu tajwid yakni wajib dibaca idzhar (jelas). Menurut para ulama qiro’at, di antarnya Imam As-Sakhowi menjelaskan penggunaan Idghom Kabir hanya dalam Qiro’at imam Abu Amr Al-Bashri Riwayat As-Susi. 

Sedangkan kebanyakan di Indonesia mengikuti Imam Ashim Riwayat Hafs yang menyatakan Idgham Mutaqaribain Kabir dibaca Idzhar bukan Idgham.

Dalam bacaan riwayat Imam Hafsh dari Imam Ashim, Idgham mutaqaribain hanya berlaku pada huruf-huruf berikut:

1. Huruf Qaf (ق) sukun bertemu kaf (ك) 
2. Huruf Lam (ل) sukun bertemu Ra (ر) 
3. Huruf Lam (ل) Ta'riif bertemu dengan Huruf Ta (ت), Tsa (ث) Dal (د), Dzal (ذ), Ra (ر), Zai (ز), Sin (س), Syin (ش), Shad (ص), Dhadh (ض), Tha (ط), zha (ظ), Nun (ن) 

3. Huruf Nun (ن) sukun bertemu Ya (ي), Mim (م ), Wawu (و), Lam (ل), Ra (ر) 

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda