Hikmah

Doa Naik Pesawat agar Diberikan Keselamatan Selama Perjalanan

Kastolani · Senin, 08 Februari 2021 - 19:06:00 WIB
Doa Naik Pesawat agar Diberikan Keselamatan Selama Perjalanan
Muslim dianjurkan membaca doa naik pesawat agar diberikan keselamatan selama dalam perjalanan. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Doa naik pesawat dianjurkan dibaca Muslim saat hendak bepergian untuk silaturahim maupun tugas kedinasan. Dengan berdoa diharapkan akan diberikan keselamatan selama menempuh perjalanan dan dihindarkan dari marabahaya. 

Selain itu, berdoa saat naik pesawat juga bisa memberikan ketenangan hati. Dalam Alquran, Allah SWT berfirman:

إِنَّنِي مَعَكُما أَسْمَعُ وَأَرى

Artinya: Sesungguhnya Aku beserta kamu berdua, Aku mendengar dan melihat. (QS. Thaha: 46)

Ibnu Katsir menerangkan bahwa Makna yang dimaksud dari kesemuanya itu adalah, Allah SWT tidak akan mengecewakan doa orang yang berdoa kepada-Nya dan tidak sesuatu pun yang menyibukkan (melalaikan) Dia, bahkan Dia Maha Mendengar doa. Di dalam pengertian ini terkandung anjuran untuk berdoa, dan bahwa Allah Swt. tidak akan menyia-nyiakan doa yang dipanjatkan kepada-Nya.

Sebelum berdoa, Muslim dianjurkan untuk membaca takbir sebanyak tiga kali yakni Allahu Akbar (3x) dan membaca hamdalah yakni Alhamdulillah (3x) serta tahlil Laa ilaaha illallah. 

Dalam sebuah riwayat disebutkan ketika Rasulullah Saw telah duduk di atas kendaraannya, Nabi SAW bertakbir sebanyak tiga kali, membaca hamdalah tiga kali dan tahlil sekali.

Setelah itu, Nabi SAW menyandarkan punggungnya dan tertawa serta menoleh ke arahnya (Ibnu Abbas) seraya bersabda: "Tidak sekali-kali seorang muslim mengendarai kendaraannya, lalu melakukan seperti apa yang telah kulakukan, melainkan Allah Swt. memandang ke arahnya dengan tertawa (penuh rida) sebagaimana aku tertawa kepadamu".

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2 3