Hikmah

 Kumpulan Doa Selamat di Dunia dan Akhirat

Kastolani · Jumat, 05 Februari 2021 - 23:32:00 WIB
 Kumpulan Doa Selamat di Dunia dan Akhirat
Muslim dianjurkan membaca doa agar diberi keselamatan di dunia dan akhirat. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Tiap manusia pasti ingin selamat dalam hidupnya baik di dunia maupun kelak di akhirat. Selain selalu mengerjakan amal ibadah dan berbuat baik, Muslim juga perlu memanjatkan doa selamat kepada Allah SWT. 

Doa selamat ini biisa dipanjatkan kapan saja, namun lebih utama dibaca selepas mengerjakan sholat terutama sholat fardhu. Sebab, doa setelah sholat wajib yang paling didengar Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda:

عَنْ أَبِي أُمَامَةَ قَالَ قِيلَ يَا رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ الدُّعَاءِ أَسْمَعُ قَالَ جَوْفَ اللَّيْلِ الْآخِرِ وَدُبُرَ الصَّلَوَاتِ الْمَكْتُوبَاتِ
Dari Abu Umamah ia berkata; Rasulullah shallallahu wa`alaihi wa sallam ditanya; wahai Rasulullah, doa apakah yang paling di dengar? Beliau berkata: "Doa di tengah malam terakhir, serta setelah shalat-shalat wajib." (HR. Tirmidzi) [No. 3499 Maktabatu Al Ma`arif Riyadh] Hasan.

Saat memanjatkan doa, Muslim dianjurkan untuk bertawasul dengan menyebutkan Asmaul Husna.

Allah SWT berfirman:

وَلِلّٰهِ الْاَسْمَاۤءُ الْحُسْنٰى فَادْعُوْهُ بِهَاۖ وَذَرُوا الَّذِيْنَ يُلْحِدُوْنَ فِيْٓ اَسْمَاۤىِٕهٖۗ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ

Artinya: Hanya milik Allah asma-ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asma-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan. (QS. Al A'raf: 80).

Doa selamat ini dipanjatkan agar Muslim dihindarkan dari segala macam bahaya baik dari kezaliman, fitnah, bisikan atau godaan setan, segala macam kejahatan, dari orang-orang yang berbuat kerusakan maupun dari siksa api neraka. 

Berikut kumpulan doa selamat yang bisa diamalkan Muslim:

1. Doa Selamat dari Api Neraka

رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Latin: Robbana aatina fi dunya hasanah wa fil aakhiroti hasanah wa qina’adzabannar.
Artinya: Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan perliharalah kami dari siksa neraka." (QS. Al Baqarah: 201).

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2 3