Hikmah

Doa Penutup Majelis Sesuai Sunnah agar Dihapuskan Dosa dari Kesalahan

Kastolani · Jumat, 02 April 2021 - 17:24:00 WIB
Doa Penutup Majelis Sesuai Sunnah agar Dihapuskan Dosa dari Kesalahan
Selain mengikuti kajian, Muslim dianjurkan membaca doa penutup majelis. (Foto: Dok.iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Doa Penutup Majelis dianjurkan dibaca tiap selesai melakukan pengajian atau kegiatan lain yang bernilai ibadah. Dengan mengucapkan doa penutup majelis itu diharapkan pertemuan yang dilakukan mendapatkan ridho Allah dan dihapuskan dosanya dari ucapan yang tidak baik saat berada di majelis.

Doa penutup majelis ini yakn dengan mengucapkan tasbih dan tahmid kepada Allah SWT sebagaimana yang termaktub dalam Alquran.

وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ حِيْنَ تَقُوْمُۙ

Artinya: Bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu ketika kamu bangun berdiri. (Ath-Thur: 48) 

Dikutip dari tafsir Ibnu Katsir, ulama berbeda pandangan soal tafsir ayat tersebut. Menuru Ad-Dahhak, yang dimaksud dalam ayat itu yakni  bangun berdiri untuk mengerjakan shalat.

Sedangkan ulama tafsir lainnya, yakni As Sauri berpendapat sehubungan dengan makna firman-Nya: dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu ketika kamu bangun berdiri. (Ath-Thur: 48) yakni apabila seseorang hendak berdiri dari majelisnya, dianjurkan mengucapkan doa berikut sebelum meninggalkannya, yaitu: "Mahasuci Engkau, ya Allah dan dengan memuji kepada Engkau."

Berikut Doa Penutup Majelis:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ. 

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu anlaa ilaaha illa anta astaghfiruka watuubu ilaiika.

Artinya: Mahasuci Engkau ya Allah dan engan memuji kepada-Mu saya bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Saya memohon ampun dan bertaubat hanya kepada-Mu.

Doa penutup majelis itu bersumber dari hadits Nabi SAW sebagai berikut:

 وَقَدْ قَالَ عَبْدُ الرَّزَّاقِ فِي جَامِعِهِ: أَخْبَرَنَا مَعْمَرٍ، عَنْ عَبْدِ الْكَرِيمِ الجَزَرِي، عَنْ أَبِي عُثْمَانَ الْفَقِيرِ؛ أَنَّ جِبْرِيلَ عَلَّمَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا قَامَ مِنَ مَجْلِسِهِ أَنْ يَقُولَ: سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ. 

Abdur Razzaq telah mengatakan di dalam kitab Jami-nya, telah menceritakan kepada kami Mamar, dari Abdul Karim Al-Jazari, dari Abu Usman Al-Faqir, bahwa Malaikat Jibril mengajari Nabi Saw. doa berikut yang dibaca bila bangkit meninggalkan majelis, yaitu: Mahasuci Engkau, ya Allah, dan dengan memuji kepada-Mu, aku bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah melainkan Engkau, aku memohon ampun kepada Engkau dan bertobat kepada Engkau. 

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2 3