Hikmah

Doa untuk Suami yang Perlu Dipanjatkan Istri

Kastolani · Rabu, 31 Maret 2021 - 21:06:00 WIB
Doa untuk Suami yang Perlu Dipanjatkan Istri
Istri dianjurkan memanjatkan doa untuk suami agar diberi keselamatan dan keberkahan rezeki. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Istri yang salihah merupakan idaman tiap suami. Selain pandai menjaga diri dan amanah, istri yang salihah pasti selalu memanjatkan doa untuk suami tercinta dalam tiap helaan napasnya. 

Mendoakan suami merupakan bentuk ketaatan istri. Sebab, suami adalah kepala rumah tangga dan memiliki tanggung jawab yang tidak ringan.

Dalam Alquran, Allah SWT berfirman:

وَبِما أَنْفَقُوا مِنْ أَمْوالِهِمْ

Artinya: Dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. (An-Nisa: 34)
Ibnu Katsir menafsirkan ayat tersebut yakni berupa mahar (mas kawin), nafkah, dan biaya-biaya lainnya yang diwajibkan oleh Allah atas kaum laki-laki terhadap kaum wanita, melalui kitab-Nya dan sunnah Rasul-Nya.

Diri lelaki lebih utama daripada wanita, laki-laki mempunyai keutamaan di atas wanita, juga laki-lakilah yang memberikan keutamaan kepada wanita. Maka sangat sesuailah bila dikatakan bahwa lelaki adalah pemimpin wanita. Seperti yang disebutkan di dalam ayat lain, yaitu firman-Nya:

وَلِلرِّجالِ عَلَيْهِنَّ دَرَجَةٌ

Artinya: Akan tetapi, para suami mempunyai satu tingkatan kelebihan daripada istrinya. (Al-Baqarah: 228).

Ali ibnu Abu Talhah meriwayatkan dari Ibnu Abbas sehubungan dengan firman-Nya: Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita. (An-Nisa: 34) Yakni menjadi kepala atas mereka; seorang istri diharuskan taat kepada suaminya dalam hal-hal yang diperintahkan oleh Allah yang mengharuskan seorang istri taat kepada suaminya. Taat kepada suami ialah dengan berbuat baik kepada keluarga suami dan menjaga harta suami. 

Dalam sebuah riwayat disebutkan istri yang taat kepada suaminya akan dijamin masuk surga. Hadits tersebut diriwayatkan oleh Imam Ahmad sebagai berikut:

أَنَّ عَبْدَ الرَّحْمَنِ بْنَ عَوْفٍ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "إِذَا صَلَّت الْمَرْأَةُ خَمسها، وَصَامَتْ شَهْرَهَا وَحَفِظَتْ فَرْجَها؛ وَأَطَاعَتْ زَوْجَهَا قِيلَ لَهَا: ادخُلِي الْجَنَّةَ مِنْ أيِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شِئْتِ".

Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Yahya ibnu Ishaq, telah menceritakan kepada kami Ibnu Luhai'ah, dari Abdullah ibnu Abu Ja'far; Ibnu Qariz pernah menceritakan kepada-nya bahwa Abdur Rahman ibnu Auf pernah menceritakan bahwa Rasulullah Saw. telah bersabda: Seorang wanita itu apabila mengerjakan salat lima waktunya, puasa bulan (Ramadan)nya, memelihara kehormatannya, dan taat kepada suaminya, maka dikatakan kepadanya, "Masuklah kamu ke dalam surga dari pintu mana pun yang kamu sukai."

Berikut doa-doa untuk suami yang bisa diamalkan istri:

1. Doa Selamat dari Kezaliman

رَبِّ ابْنِ لِيْ عِنْدَكَ بَيْتًا فِى الْجَنَّةِ وَنَجِّنِيْ مِنْ فِرْعَوْنَ وَعَمَلِهٖ وَنَجِّنِيْ مِنَ الْقَوْمِ الظّٰلِمِيْنَۙ

Rabbibni lii 'indaka baitanng filjannati wa najjini min fir'auna wa 'amalihi wanajjini minal qaumidh dhalimiin
Artinya: "Ya Rabbku, bangunlah untukku sebuah rumah di sisi-Mu dalam surga dan selamatkanlah aku dari Firaun dan perbuatannya dan selamatkanlah aku dari kaum yang zalim." (QS. At Tahrim: 11).

Doa tersebut dipanjatkan Siti Asiah, istri Fir'aun yang disiksa suaminya sendiri karena beriman kepada Allah SWT. 

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2 3