Hikmah

Dzikir Asmaul Husna Beserta Doa Lengkap dengan Arti dan Khasiatnya

Kastolani · Selasa, 21 September 2021 - 19:21:00 WIB
Dzikir Asmaul Husna Beserta Doa Lengkap dengan Arti dan Khasiatnya
Dzikir Asmaul Husna sangat dianjurkan diamalkan Muslim sehabis sholat maupun di waktu-waktu mustajab. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Dzikir Asmaul Husna merupakan salah satu ikhtiar batin yang sangat dianjurkan diamalkan Muslim tiap sehabis sholat maupun di waktu-waktu mustajab untuk memohon pertolongan kepada Allah. Selain akan mendapatkan pahala dan ampunan, juga ketenangan batin dan kesuksesan di dunia maupun akhirat.

Asmaul Husna adalah nama-nama Allah SWT yang baik dan indah yang berjumlah 99 sesuai dengan sifat-sifat-Nya yang Mahaagung dan Mahabijaksana. 

Asmaul husna secara bahasa berasal dari kata asma yang berarti nama-nama, sedangkan Al Husna adalah terbaik.

Disebutkan dalam Al Quran bahwa orang yang hafal Asmaul husna akan dijamin masuk surga. Allah juga akan memberikan balasan yang baik bagi tiap hamba-Nya yang menyertakan asmaul husna dalam setiap doanya.

وَلِلّٰهِ الْاَسْمَاۤءُ الْحُسْنٰى فَادْعُوْهُ بِهَاۖ وَذَرُوا الَّذِيْنَ يُلْحِدُوْنَ فِيْٓ اَسْمَاۤىِٕهٖۗ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ

Artinya: Allah mempunyai asmaul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan". (QS. Al A'raf: 180).

Berikut Dzikir Asmaul Husna ini yang bisa diamalkan terdapat dalam tiga ayat terakhir Surat Al Hasyr ayat 22-24:

هُوَ اللّٰهُ الَّذِيْ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ عَالِمُ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِۚ هُوَ الرَّحْمٰنُ الرَّحِيْمُ

Artinya: Dia-lah Allah Yang tiada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, Yang Mengetahui yang ghaib dan yang nyata, Dia-lah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: