Hikmah

Doa dan Dzikir Sebelum Tidur Sesuai Sunnah

Kastolani · Minggu, 24 Januari 2021 - 23:55:00 WIB
Doa dan Dzikir Sebelum Tidur Sesuai Sunnah
Muslim dianjurkan memanjatkan doa dan berdzikir dalam tiap kesempatan termasuk sebelum tidur. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Dzikir sebelum tidur dianjurkan dilakukan Muslim agar dijauhkan dan dijaga dari godaan makhluk halus. Tidur merupakan sunnatullah dan hak tubuh untuk beristirahat setelah lelah beraktivitas. 

Allah SWT berfirman;

اَللّٰهُ يَتَوَفَّى الْاَنْفُسَ حِيْنَ مَوْتِهَا وَالَّتِيْ لَمْ تَمُتْ فِيْ مَنَامِهَاۚ فَيُمْسِكُ الَّتِيْ قَضٰى عَلَيْهَا الْمَوْتَ وَيُرْسِلُ الْاُخْرٰٓى اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّىۗ اِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ

Artinya: Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) jiwa (orang) yang belum mati di waktu tidurnya; maka Ia tahanlah jiwa (orang) yang telah ia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditentukan. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berpikir". (QS. Az Zumar: 42)

Tidur juga untuk menjaga keseimbangan dan kesehatan tubuh. Namun, agar tidur berkualitas dan terhindar dari mimpi buruk, Muslim dianjurkan untuk berdzikir dan doa.

Berikut adab, doa dan dzikir sebelum tidur:

1. Membersihkan atau menyapu tempat tidur

Di dalam kitab Sahih Bukhari dan Sahih Muslim disebutkan melalui hadis Ubaidillah ibnu Umar, dari Said ibnu Abu Said, dari ayahnya, dari Abu Hurairah r.a. yang telah mengatakan bahwa Rasulullah Saw pernah bersabda: 

"إِذَا أَوَى أَحَدُكُمْ إِلَى فِرَاشِهِ فلْينْفُضْه بِدَاخِلَةِ إِزَارِهِ، فَإِنَّهُ لَا يَدْرِي مَا خَلَفَهُ عَلَيْهِ، ثُمَّ لِيَقُلْ: بِاسْمِكَ رَبِّي وَضَعْتُ جَنْبِي، وَبِكَ أَرْفَعُهُ، إِنْ أَمْسَكْتَ نَفْسِي فَارْحَمْهَا، وَإِنْ أَرْسَلْتَهَا فَاحْفَظْهَا بِمَا تَحْفَظُ بِهِ عِبَادَكَ الصَّالِحِينَ" 

Apabila seseorang di antara kalian menempati peraduannya, hendaklah terlebih dahulu menyapu tempat tidurnya dengan bagian dalam kainnya, karena sesungguhnya dia tidak mengetahui kotoran apa yang telah ditinggalkannya pada peraduannya itu. 

2. Berwudhu

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2 3