Hikmah

13 Golongan Manusia yang Ditemui Nabi Muhammad SAW saat Isra Miraj

Kastolani · Jumat, 12 Maret 2021 - 17:11:00 WIB
13 Golongan Manusia yang Ditemui Nabi Muhammad SAW saat Isra Miraj
Ilustrasi Api neraka (Foto:Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Peristiwa Isra Miraj merupakan perjalanan suci Nabi Muhammad Saw dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa di Palestina hingga naik ke langit tujuh Sidratul Muntaha dalam semalam. Peristiwa Isra Miraj itu diabadikan dalam Alquran surat Al Isra.

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ

Artinya: Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al-Masjidil Haram ke Al-Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda kebesaran Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat. (QS. Al Isra:1).

Abu Hurairah meriwayatkan bahwa saat menjalani Isra Miraj, Nabi Muhammad SAW menemui sejumlah golongan manusia yang akan dihadapi kelak dalam dakwahnya. Berikut 13 golongan manusia yang dijumpai Nabi SAW:

1. Orang yang Berjihad di Jalan Allah

Nabi SAW melihat suatu kaum yang bercocok tanam dalam waktu satu hari, kemudian menuainya di hari yang lain. Setiap kali mereka me­nuainya, maka tanaman mereka kembali seperti sediakala. Lalu Nabi SAW bertanya, "Hai Jibril, siapakah orang ini?" Malaikat Jibril menjawab: Mereka adalah orang-orang yang berjihad di jalan Allah. Amal kebaikan mereka dilipatgandakan menjadi tujuh ratus kali lipat, dan segala sesuatu yang mereka belanjakan Allah mengganti-nya.Allah adalah sebaik-baik pemberi rezeki. 

2. Orang-Orang yang Malas Sholat

Nabi Muhammad SAW melihat suatu kaum yang kepala mereka dipecahkan oleh batu-batu besar. Setiap kali kepala mereka hancur, maka akan kembali seperti semula. Hal itu dilakukan terhadap mereka tanpa henti-hentinya: Nabi SAW lalu bertanya kepada Malaikat Jibril yang mengiringinya. 

"Hai Jibril, siapakah mereka itu?" Malaikat jibril menjawab: Mereka adalah orang-orang yang berat kepala (malas) dalam mengerjakan shalat wajib atau fardu. 

3. Orang yang Tidak Menunaikan Zakat

Nabi SAW menjumpai suatu kaum yang di bagian muka mereka terdapat tandanya, mereka digiring bagaikan unta dan binatang ternak. Mereka makan pohon berduri, pohon Zaqqum, dan batu-batu neraka Jahannam. 

Nabi SAW bertanya, "Hai Jibril, siapakah manusia itu?" Jibril menjawab: Mereka adalah orang-orang yang tidak menunaikan zakat harta bendanya. Allah sama sekali tidak menganiaya mereka barang sedikitpun. Dan tiadalah Allah berbuat aniaya terhadap hamba-hamba-Nya.

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: