Hikmah

Hadits Membaca Yasin untuk Orang Meninggal

Kastolani · Kamis, 23 Desember 2021 - 17:50:00 WIB
Hadits Membaca Yasin untuk Orang Meninggal
Hadits membaca Yasin untuk orang meninggal agar mendapat rahmat dan dimudahkan saat sakaratul maut. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Anjuran membacakan Surat Yasin bagi orang meninggal bukan tanpa landasan dalil. Ada banyak hadits membaca Yasin untuk orang meninggal agar mendapat rahmat dan dimudahkan saat sakaratul maut.

Sebagian ulama mengatakan bahwa di antara khasiat surat Yasin yang dibacakan untuk orang meninggal  sebagai penolong mayit agar mendapat ampunan dan keringanan siksa kubur.

Selain itu, khasiat lain membacakan Surat Yasin kepada orang yang sedang menghadapi sakaratul maut untuk memohon agar Allah menurunkan rahmat-Nya.

Berikut hadits membaca Yasin untuk Orang Meninggal:

1. Hadits membacakan Surat Yasin untuk orang meninggal salah satunya diriwayatkan oleh Abu Daud dan Ibnu Majah, bahwa Rasulullah SAW telah bersabda:

عَنْ مَعْقِل بْنِ يَسَار قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "اقرؤوها عَلَى مَوْتَاكُمْ" -يَعْنِي: يس

Dari Ma'qal ibnu Yasar r.a. yang mengatakan bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda: Bacakanlah ia untuk orang-orang mati kalian. Yakni surat Yasin tersebut. (HR. Abu Daud dan Ibnu Majah)

2. Hadits membaca Yasin untuk orang meninggal  diriwayatkan Imam Nasai tentang Surat Yasin kalbunya Alquran dan dianjurkan dibacakan bagi orang yang meninggal dunia. 

عَنْ مَعْقِلِ بْنِ يَسَار، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: "الْبَقَرَةُ سِنام الْقُرْآنِ وذِرْوَته، نَزَلَ مَعَ كُلِّ آيَةٍ مِنْهَا ثَمَانُونَ مَلَكًا، وَاسْتُخْرِجَتْ {اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ} [الْبَقَرَةِ: 255] مِنْ تَحْتِ الْعَرْشِ فَوُصِلَتْ بِهَا -أَوْ: فَوُصِلَتْ بِسُورَةِ الْبَقَرَةِ-وَيس قَلْبُ الْقُرْآنِ، لَا يَقْرَؤُهَا رَجُلٌ يُرِيدُ اللَّهَ والدار الآخرة، إلا غفر له، واقرؤوها عَلَى مَوْتَاكُمْ". 

Dari Ma'qal ibnu Yasar r.a. yang mengatakan bahwa sesungguhnya Rasulullah Saw. pernah bersabda: Al-Baqarah adalah punuk Alquran dan merupakan puncaknya, diturunkan bersamaan dengan tiap ayatnya sebanyak delapan puluh malaikat, dan ayat yang mengatakan, "Allah tidak ada Tuhan melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus-menerus mengurus (makhluk-Nya) " (Al-Baqarah: 255) dikeluarkan dari bawah Arasy maka aku hubungkan atau aku gabungkan dengan surat Al-Baqarah ayat tersebut. Dan Yasin adalah kalbu Al Quran; tidak sekali-kali seseorang membacanya karena mengharapkan pahala Allah dan hari kemudian, melainkan diberikan ampunan baginya, dan bacakanlah surat Yasin buat Orang-orang mati kalian. (HR. Imam Ahmad dan Imam Nasai).

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda