Hukum Bacaan Tajwid Surat Al Baqarah Ayat 136 Lengkap dengan Arti, Penjelasan, dan Cara Bacanya

Rilo Pambudi · Senin, 26 September 2022 - 16:16:00 WIB
Hukum Bacaan Tajwid Surat Al Baqarah Ayat 136 Lengkap dengan Arti, Penjelasan, dan Cara Bacanya
Hukum bacaan tajwid Surat Al Baqarah ayat 136 (Foto: Ayudiafatma)

JAKARTA, iNews.id - Hukum bacaan tajwid Surat Al Baqarah ayat 136 bisa menjadi pelajaran penting dan bermanfaat. Terdapat sejumlah hukum bacaan dalam ayat yang sangat tersebut.

Surat Al Baqarah merupakan surat kedua dalam Al Quran yang berjumlah 286 ayat. Surat ini tergolong surat Madaniyah atau turun setelah Nabi Muhammad hijrah dari Mekah ke Madinah.

Surat Al Baqarah sering disebut sebagai punuk atau puncaknya Al Quran. Memahami atau mendalami hukum bacaan sesuai tajwid dalam surat tersebut sangat penting agar ayat yang dilafalkan menjadi tidak salah arti dan makna. Terlebih, yang disampaikan dalam Al Baqarah ayat 136.

Berikut adalah surat Al Baqarah ayat 136 lengkap arab, latin, dan artinya:

قُوۡلُوۡٓا اٰمَنَّا بِاللّٰهِ وَمَآ اُنۡزِلَ اِلَيۡنَا وَمَآ اُنۡزِلَ اِلٰٓى اِبۡرٰهٖمَ وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَاِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ وَ الۡاَسۡبَاطِ وَمَآ اُوۡتِىَ مُوۡسٰى وَعِيۡسٰى وَمَآ اُوۡتِىَ النَّبِيُّوۡنَ مِنۡ رَّبِّهِمۡ‌ۚ لَا نُفَرِّقُ بَيۡنَ اَحَدٍ مِّنۡهُمۡ وَنَحۡنُ لَهٗ مُسۡلِمُوۡنَ

Latin: Quuluuu aamannaa billaahi wa maaa unzila ilainaa wa maaa unzila ilaaa Ibraahiima wa Ismaa'iila wa Ishaaqa wa Ya'quuba wal Asbaati wa maauutiya Muusa wa 'Eesaa wa maaa uutiyan Nabiyyuuna mir Rabbihim laa nufaariq baina ahadim minhum wa nahnu lahuu muslimuun

Artinya: Katakanlah, "Kami beriman kepada Allah dan kepada apa yang diturunkan kepada kami, dan kepada apa yang diturunkan kepada Ibrahim, Ismail, Ishak, Yakub dan anak cucunya, dan kepada apa yang diberikan kepada Musa dan Isa serta kepada apa yang diberikan kepada nabi-nabi dari Tuhan mereka. Kami tidak membeda-bedakan seorangpun di antara mereka, dan kami berserah diri kepada-Nya."

Untuk dapat memahami lebih rinci mengenai hukum tajwid ayat 136, berikut uraian detail dan penjelasannya yang dilansir iNews.id, Senin (26/9/2022).

Hukum Bacaan Tajwid Surat Al Baqarah Ayat 136

1. ﻗُﻮﻟُﻮﺍْ ﺁﻣَﻨَّﺎ = Mad Thabi'i karena ada dhummah diikuti wawu sukun. Dibaca panjang satu alif atau dua harakat.

Ada juga Mad Jaiz Munfasil karena mad thabi’i yang menghadapi huruf hamzah atau alif yang pada lain kata. Adapun cara membacanya adalah dibaca 2 sampai 5 harakat.

2. ﺑِﺎﻟﻠّﻪَِ = Lam Jalalah Tarqiq. Karena lam jalalah (الله) didahului kasroh. Dibaca tipis.

3. ﻭَﻣَﺎ ﺃُﻧﺰِﻝ = Mad Jaiz Munfasil karena mad thabi’i yang menghadapi huruf hamzah atau alif yang pada lain kata. Adapun cara membacanya adalah dibaca 2 sampai 5 harakat.

4. ﺇِﻟَﻴْﻨَﺎ = Mad Thabi'i karena ada huruf berharakat fathah diikuti alif. Dibaca panjang satu alif atau dua harakat.

5. ﻭَﻣَﺎ ﺃُﻧﺰِﻝَ = Mad Jaiz Munfasil karena mad thabi’i yang menghadapi huruf hamzah atau alif yang pada kata berikutnya. Adapun cara membacanya adalah dibaca 2 sampai 5 harakat.

6. ﺇِﺑْﺮَﺍﻫِﻴﻢَ = Qalqalah Sugra. Karena ada huruf qalqalah (ba) disukun. Dibaca dengan memantulkan huruf qalqalahnya dengan ringan dan menyambungkannya dengan bacaan setelahnya.

7. ﺇِﺑْﺮَﺍﻫِﻴﻢَ = Mad Thabi'i karena ada huruf berharakat kasrah diikuti ya sukun. Dibaca panjang satu alif atau dua harakat.

8. ﻭَﺇِﺳْﻤَﺎﻋِﻴﻞَ = Mad Thabi'i karena ada huruf berharakat fathah diikuti alif. Dibaca panjang satu alif atau dua harakat.

9. ﻭَﺇِﺳْﺤَﺎﻕَ = Mad Thabi'i karena ada huruf berharakat fathah diikuti alif. Dibaca panjang satu alif atau dua harakat.

10. ﻭَﻳَﻌْﻘُﻮﺏَ = Mad Thabi'i karena ada dhummah diikuti wawu sukun. Dibaca panjang satu alif atau dua harakat.

11. ﻭَﺍﻷﺳْﺒَﺎﻁِ = Alif lam Qamariyah. Alasannya adalah karena ada huruf alif lam mati yang bertemu dengan salah satu huruf qamariyah yaitu alif. Cara membacanya adalah al nya dibaca dengan jelas.

Ada juga Mad Thabi'i karena ada huruf berharakat fathah diikuti alif.

12. ﻭَﻣَﺎ ﺃُﻭﺗِﻲَ = Mad Jaiz Munfasil karena mad thabi’i yang menghadapi huruf hamzah atau alif yang pada kata berikutnya. Adapun cara membacanya adalah dibaca 2 sampai 5 harakat.

13. ﻣُﻮﺳَﻰ = Mad Thabi'i karena ada dhummah diikuti wawu sukun. Dibaca panjang satu alif atau dua harakat.

14. ﻭَﻋِﻴﺴَﻰ =  Mad Thabi'i karena ada huruf berharakat kasrah diikuti ya sukun. Dibaca panjang satu alif atau dua harakat.

15. ﺍﻟﻨَّﺒِﻴُّﻮﻥَ = Alif lam Syamsiah. Karena ada huruf alif lam mati yang bertemu dengan salah satu huruf syamsiah yaitu nun. Cara membacanya adalah al nya dibaca samar dan langsung masuk ke huruf syamsiahnya.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda